Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Kelebihan Teraso Sebagai Lantai Rumah, Klasik hingga Tahan Lama

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada banyak pilihan bahan yang dapat Anda pilih untuk lantai rumah. Salah satu yang populer adalah lantai teraso atau terrazzo.

Dikutip dari Homes to Love, Sabtu (14/8/2021), apabila Anda mencari lantai yang lebih hangat dari marmer dan lebih menarik dari ubin keramik, maka lantai teraso bisa menjadi pilihan. Meskipun sudah ada sejak ribuan tahun lalu, keindahan dan kualitas tekstur teraso modern telah menjadikannya pilihan populer untuk membawa daya tarik ke ruangan bergaya kontemporer.

Lantai teraso banyak dipilih dalam dekorasi rumah, baik di ruang keluarga, ruang tamu, hingga dapur.

Lantai teraso pun merupakan salah satu cara yang bagus untuk membawa warna dan tekstur ke dalam interior rumah secara halus. Anda dapat memilih lantai teraso dalam berbagai kombinasi warna.

Pilihan lantai teraso banyak dan beragam, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya individu yang ingin Anda tonjolkan di rumah.

Berikut ini beberapa kelebihan lantai teraso yang dipasang di rumah.

1. Ramah lingkungan

Teras dianggap sebagai salah satu bahan yang paling berkelanjutan dan ramah lingkungan. Biasanya terbuat dari campuran kaca daur ulang dan agregat alami seperti marmer, granit, dan kuarsa, yang memberikan tampilan berbintik-bintik yang unik, dan disatukan oleh resin atau dasar beton.

Bahan-bahan itu kemudian dipoles maupun diasah tergantung pada hasil akhir yang beragam.

2. Tahan lama

Teraso sangat tahan lama dan lebih tahan daripada bahan ubin lainnya, sehingga sangat ideal untuk digunakan sebagai lantai di area lalu lintas tinggi di rumah.

Tidak semua teraso dibuat sama. Teraso yang murah dan diproduksi secara massal dapat menyebabkan kerapuhan, porositas, dan perubahan warna.


Adapun teraso berkualitas premium diproduksi di bawah kondisi yang ketat untuk memastikan bahan tidak pernah dikompromikan, sehingga menghasilkan produk berkualitas sangat tinggi.

3. Serbaguna

Selain daya tahannya, lantai teraso tahan air dan panas serta mudah dipotong sehingga mudah digunakan dan ideal untuk digunakan tidak hanya sebagai lantai, tetapi juga dalam berbagai aplikasi.

Permukaan teraso di kamar mandi dan dapur menjadi semakin populer. Ubin teraso tidak lekang oleh waktu dan sesuai dengan setiap ruang dari tradisional hingga kontemporer, serta di luar ruangan.

"Teraso tentu cocok untuk meja kamar mandi dan dapur. (Teraso) pada dasarnya terbuat dari batu alam dan oleh karena itu diperlakukan dan diterapkan dengan cara yang sama," kata David Signorino, manajer pemasaran di Signorino Tile Gallery.

4. Kemungkinan desain tidak terbatas

Setiap bagian teraso benar-benar unik. Ditambah lagi dengan hampir setiap warna yang dapat dibayangkan karena warna dan campuran khusus dapat dibuat, mulai dari warna yang mencolok hingga rona alami, sehingga segala sesuatu mulai dari tampilan monokromatik modern hingga desain mosaik artistik dapat dicapai.

5. Hemat biaya

Karena teraso cukup tahan lama, maka membutuhkan perawatan yang sangat sedikit dan tidak pernah ketinggalan zaman. Ini adalah investasi fantastis yang tidak akan mengganggu anggaran Anda selama masa pakainya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/14/072800476/5-kelebihan-teraso-sebagai-lantai-rumah-klasik-hingga-tahan-lama

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke