Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Jenis Kayu Terbaik untuk Dipan Kasur

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalai Lama pernah menyatakan bahwa "tidur adalah meditasi terbaik."  Oleh karena itu, untuk mendapatkan tidur malam yang pulas, tempat tidur juga harus nyaman.

Banyak orang menggunakan dipan atau bingkai tempat tidur sebagai penopang kasur agar tidak menempel di lantai sekaligus untuk mempercantik ruangan.

Nah, salah satu dipan yang paling banyak digunakan adalah yang berbahan kayu. Namun, memilih dipan kayu haruslah memperhatikan jenis dan kualitas kayu yang digunakan.

Hal ini penting agar dipan lebih awet dan kualitas tidur pun terjaga. Melansir dari Liv Space, Sabtu (7/8/2021) berikut ini lima jenis kayu terbaik untuk dipan.

1. Mahoni

Mahoni adalah salah satu jenis kayu yang populer bagi mereka yang ingin membuat atau mencari bahan untuk dipan atau tempat tidur.

Warnanya yang pekat adalah salah satu ciri khas kayu mahoni. Selain itu, daya tahan kayu mahoni teruji kuat sehingga tak heran jika ia selalu jadi kayu pilihan untuk berbagai furnitur rumah tangga.

Namun, salah satu yang harus dipertimbangkan jika menggunakan kayu ini ialah harganya yang mahal. Tapi hal itu tentu sebanding dengan kualitas yang diberikan.

2. Kenari

Kayu kenari atau walnut merupakan jenis kayu dengan ketahanan dan kekuatan yang baik.

Selain itu, keunggulan kayu kenari adalah warna dan teksturnya yang indah. Kayu ini keras sehingga pilihan yang tepat untuk furnitur yang tahan lama.

Kayu kenari biasanya berwarna coklat terang dan kekuningan. Namun, kayu ini lebih langka dan sulit ditemukan dibandingkan dengan jenis kayu lainnya. Tapi, ketahanan dan kekuatannya adalah investasi furnitur terbaik.

Oak adalah kayu yang sangat serbaguna dengan kualitas, daya tahan, serat dan pilihan warna yang beragam.

Dengan kualitasnya yang baik, oak dapat bertahan dari segala musim dan cuaca, terlebih jika dirawat dengan baik dan benar.

Ciri khas dari kayu oak adalah serat kayunya yang berbentuk indah sehingga bisa jadi dekorasi ruangan yang estetik. Akan lebih baik jika dipernis untuk mengeluarkan butiran alami kayunya.

4. Rosewood

Kayu rosewood identik dengan kemewahan dan kerap digunakan sebagai furnitur kelas atas. Rosewood memiliki rona merah cerah dengan tekstur yang dapat menambat dimensi pada ruangan.

Kayu rosewood dikenal sebagai bahan baku pembuatan furnitur yang rumit atau perlu kehati-hatian. Jika kamu berencana membuat dipan yang dapat menolerir banyak keausan maka kayu rosewood adalah pilihan yang tepat.

5. Jati

Kekuatan dan daya tahan yang menjanjikan, kayu jati dikenal tahan lama, bahkan hingga puluhan tahun jika dirawat dengan baik.

Warna kayu coklat keemasan, ditambah dengan serat lurus, membuatnya terlihat menyenangkan untuk dilihat secara visual.

Selain itu, kandungan minyak alami kayu jati membuatnya tahan terhadap rayap dan serangga pengganggu yang cenderung merusak furnitur kayu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/08/07/180600876/5-jenis-kayu-terbaik-untuk-dipan-kasur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke