Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

2 Bahan Alami Ini Dapat Membersihkan Sisa Minyak di Dapur

JAKARTA, KOMPAS.com - Area dapur menjadi salah satu area yang sering digunakan di dalam rumah. Tak hanya itu, karena fungsi dapur untuk menyiapkan berbagai hidangan, membuat area ini rentan terhadap kotoran, khususnya sisa-sisa minyak dari proses memasak.

Sisa-sisa minyak ini terkadang sulit dibersihkan menggunakan air biasa, dan dapat memberikan efek kotor di dalam dapur. Lantas, bagaimana cara menghilangkan sisa-sisa minyak di dapur?

Melansir dari Apartment Therapy, Sabtu (31/7/2021), ada beberapa bahan yang ampuh untuk membersihkan sisa-sisa minyak di dapur, seperti berikut ini.

1. Sabun dan air

Sebagian besar area berminyak hanya membutuhkan dua hal, yaitu air sabun yang hangat. Pertama, lembutkan minyak di lemari dengan spons yang dibasahi dengan air hangat, lalu bersihkan dengan spons yang direndam sabun, sikat gigi, atau sikat gosok kecil. 

Untuk menghindari sisa residu yang dapat menarik lebih banyak kotoran, akhiri dengan mengeringkannya dengan serbet.

2. Baking soda atau soda kue

Untuk noda yang lebih lama atau lebih membandel, ambil sedikit soda kue dan sikat noda tersebut. Setelah membasahi sikat dengan air hangat, tambahkan sedikit soda kue, lalu gosok pada area yang memiliki sisa minyak.

Kemudian, lap dengan kain lembap dan hangat untuk menghilangkan residu. Soda kue tidak hanya akan menghilangkan sisa minyak, tetapi juga tidak abrasif, sehingga tidak akan merusak permukaan lemari kayu.

3. Cuka putih

Karena cuka putih mengandung asam alami, itu akan memecah lemak tanpa meninggalkan residu. Untuk melakukannya, ambil waslap atau handuk kertas dan rendam dalam cuka murni.

Bersihkan bagian yang berminyak di area dapur Anda, dan biarkan cuka bekerja selama 10 atau 15 menit. Setelahnya, kendurkan minyak dengan spons basah, lalu ambil kain lap yang direndam air dan bersihkan sisa-sisanya.

4. Semprotan sabun buatan sendiri

Isi botol semprot 32 ons dengan secangkir cuka putih, beberapa tetes sabun cair, satu sendok makan soda kue, dan jika Anda menyukai wewangian, beberapa tetes minyak esensial lavender atau lemon.

Kemudian isi sisa botol dengan air hangat. Kocok botol lalu semprot ke area yang berminyak dan lap setelahnya.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/31/174500376/2-bahan-alami-ini-dapat-membersihkan-sisa-minyak-di-dapur-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke