Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Manfaat Baking Soda untuk Mencuci Pakaian

Ditambah, baking soda merupakan bahan pembersih yang murah dan mudah ditemukan sehingga membuatnya banyak digunakan. 

Untuk pakaian sendiri, baking soda menawarkan sejumlah manfaat, di antaranya membantu memutihkan dan mencerahkan pakaian, menghilangkan bau, dan membersihkan noda membandel.

Untuk lebih lengkapnya, dilansir dari laman Taste of Home, Kamis (29/7/2021), berikut ini manfaat baking soda untuk mencuci pakaian. 

Menghilangkan bau

Baking soda bersifat basa sehingga dapat menetralkan asam. Banyak bau yang paling menjijikkan seperti keringat, urine, dan muntahan bersifat asam.

Leslie Reichert dari situs Green Cleaning Coach menyarankan menambahkan beberapa sendok makan baking soda ke sabun cuci biasa guna membantu menghilangkan bau.

Untuk pakaian dengan bau yang sangat menyengat, rendam pakaian selama semalaman dalam larutan baking soda dan soda kue. 

Menghilangkan noda

Menurut produsen baking soda Arm & Hammer, soda kue dan air adalah dua bahan yang ampuh menghilangkan noda.

Buat pasta yang terdiri atas enam sendok makan baking soda dan sepertiga cangkir air hangat, lalu gosokkan ke noda serta biarkan bekerja.

Baking soda akan mengangkat noda dari serat pakaian. Jangan lupa memasukkan baking soda ke mesin cuci sebelum mencuci pakaian.

Untuk noda berminyak, Reichert merekomendasikan menaburkan baking soda secara langsung pada noda dan membiarkannya semalaman sebelum dicuci. 

Membuat pakaian ekstra bersih

Manfaat baking soda selanjutnya adalah dapat membuat pakaian ekstra bersih. Setengah cangkir baking soda yang ditambahkan ke banyak cucian akan menciptakan dorongan pembersihan.

"Ini akan membantu mengangkat kotoran dan noda dari pakaian," kata Reichert.

Namun, jangan masukkan baking soda ke tabung detergen mesin cuci. Sebagai gantinya, taburkan ke dalam drum kosong mesin cuci, lalu masukkan pakaian, detergen, dan pelembut kain. 

Sebagai alternatif untuk pemutih

Untuk pakaian putih dan warna, baking soda memiliki fungsi ganda. Ketika ditambahkan ke mesin cuci, baking soda membuat pakaian putih lebih putih dan mencerahkan pakaian berwarna. 

Baking soda dapat menjadi pengganti yang baik untuk mereka yang enggan memilih menggunakan pemutih. 

Sebagai pelembut kain tanpa pewangi

Jika memiliki mesin cuci bukaan atas, Anda bisa menggunakan baking soda sebagai pengganti pelembut kain. Ini memiliki efek melembutkan yang sama tanpa parfum berat atau bahan kimia yang dapat memicu alergi.

Selama siklus pembilasan, saat mesin cuci penuh dengan air, taburkan setengah cangkir soda kue ke dalam air.

Ingat, Anda tidak disarankan memasukkan baking soda ke dispenser detergen mesin cuci bukaan depan atau atas karena dapat menggumpal dan menghalangi dispenser. 

Pengganti detergen

Lantaran memiliki khasiat yang sama dengan detergen, baking soda bisa digunakan sebagai pengganti detergen yang ramah lingkungan.

Tidak yakin? Cobalah masukkan satu atau dua cangkir baking soda ke cucian dan lihat hasilnya. Nah, itu dia manfaat baking soda untuk mencuci pakaian. Selamat mencoba! 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/29/163500376/6-manfaat-baking-soda-untuk-mencuci-pakaian-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke