Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menaman Daun Kelor di Polybag dengan Teknik Biji dan Stek Batang

JAKARTA, KOMPAS.com- Daun kelor merupakan salah satu tanaman yang dapat dijadikan berbagai macam masakan yang lezat dan menyehatkan.

Tanaman yang memiliki nama latin Moringa Oleifera ini memiliki berbagai manfaat, di antaranya mengobati diabetes, menormalkan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol dan masih banyak lagi.

Daun kelor juga dapat dibudidayakan di lahan terbatas dengan perawatan yang sangat mudah. Ada dua cara membudidayakan tanaman kelor, yaitu dengan bibit dan stek batang.

Melansir dari kanal YouTube ZIP Inspirasi, Minggu (18/7/2021), berikut cara menanam daun kelor dari bibit.

Penanaman dengan bibit

Salah satu cara membudidayakan tanaman kelor dari bibit ialah menggunakan biji kelor. Dengan begini, kelor akan tumbuh lebat dan kuat karena pengakaran yang maksimal.

Namun, tanaman kelor yang berasal dari biji biasanya membutuhkan waktu pertumbuhan lebih lama. Kamu baru bisa memanen setelah berusia sat tahun.

Penanaman dengan stek batang

Sementara itu, menanam daun kelor dengan cara stek batang dinilai efektif dan banyak digunakan karena praktis serta tanaman tumbuh lebih cepat.

Bahkan kamu dapat memanen daun kelor dalam waktu kurang dari sembilan bulan. Untuk menanam kelor dengan cara stek batang, ini bahan yang perlu kamu siapkan.

Cara menanam daun kelor dengan stek batang

  • Pilih batang kelor yang besar dari tanaman yang sehat. Sebaiknya, pilih batang pohon yang tidak terlalu tua atau terlalu muda dengan ukuran 50-70 sentimeter.
  • Siapkan media tanam polybag.
  • Gunakan gunting atau pisau tanaman untuk meruncingkan ujung batang yang akan ditanam atau kamu bisa memotong serong ujung batang kelor.
  • Tancapkan batang kelor ke dalam tanah namun jangan terlalu dalam.
  • Kamu bisa menggunakan tiang penyangga agar batang kelor tidak rubuh
  • Tunggu hingga muncul tunas dan ranting-ranting baru
  • Siram tanaman kelor setiap lima sampai tujuh hari sekali. Hindari tanah yang becek dan tergenang air dalam waktu lama karena mengakibatkan pembusukan akar. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/18/193000776/cara-menaman-daun-kelor-di-polybag-dengan-teknik-biji-dan-stek-batang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke