Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Periksa 5 Hal Ini di Dalam Kamar Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Tidur adalah kunci utama kesehatan dan kebahagiaan, namun seringkali sulit untuk mendapatkan tidur yang berkualitas.

Melansir dari Apartment Therapy, Sabtu (17/7/2021), ada beberapa hal di dalam kamar tidur yang membuat Anda tidak bisa tertidur pulas, antara lain sebagai berikut. 

1. Alergi

Hal yang membuat Anda tidak bisa tidur nyenyak adalah alergi. Alergi bisa terjadi karena beberapa sebab, antara lain tungau debu yang ada di kasur.

Manusia melepaskan sel kulit mati dan jatuh ke atas kasur, sehingga menjadi tempat yang baik untuk berkembang biak hewan kecil tersebut.

Untuk mengatasinya, gunakan vacuum cleaner dengan filter HEPA dan bersihkan tempat tidur Anda sesering mungkin, termasuk bantal Anda, yang dapat Anda masukkan ke dalam pengering selama 15 menit untuk membunuh serangga yang ada.

Alih-alih deterjen beraroma, gunakan beberapa tetes minyak kayu putih di cucian Anda. Letakkan penutup pelindung hipoalergenik di kasur dan bantal Anda.

2. Cahaya

Penyebab Anda tidak bisa tidur nyenyak lainnya adalah pencahayaan. Kemungkinan kamar tidur Anda terlalu terang di malam hari.

Entah itu datang dari luar, lampu malam, layar televisi, atau jam alarm Anda yang berkedip, cahaya apa pun membuat tubuh Anda tertipu dengan berpikir bahwa ini bukan waktu tidur.

Untuk mengatasinya gunakan gorden yang sangat gelap, atau tambahkan liner, untuk menghalangi lampu jalan.

Matikan juga perangkat elektronik dan singkirkan apa pun yang memancarkan kecerahan. Terakhir, ganti bola lampu yang berada di samping tempat tidur dengan yang lebih redup.

3. Suhu

Suhu juga bisa menjadi penyebab Anda tidak bisa tertidur nyenyak pada malam hari. Jika suhu terlalu panas, tubuh tidak akan nyaman, dan sebaliknya jika suhu terlalu dingin pun, Anda tidak akan bisa nyaman.

Tidak ada jawaban yang benar tetapi lebih dingin umumnya lebih baik, yakni mulai dari kisaran 18 derajat Celcius.

4. Kebisingan

Meskipun tidak mungkin tidak ada suara selama Anda tidur, namun manusia membutuhkan ruangan yang nyaman dan tidak ada kebisingan.

Walaupun tidak bisa mengurangi kebisingan dengan maksimal, penggunaan karpet di dalam kamar tidur. Sebab karpet dapat menyerap gema dan suara keras lainnya.

5. Kasur

Memiliki kasur yang sehat, nyaman, dan mendukung sangat penting untuk tidur malam yang nyenyak. Ketika kasur Anda tidak bisa menopang dengan benar, akan menyebabkan tidur tidak nyenyak.

Penggantian kasur dengan baru pun harus dilakukan jika keadaan kasur tidak memungkinkan untuk menopang tubuh dengan benar. Kasur yang sudah rusak akan menyebabkan badan sakit ketika bangun di pagi hari.

Oleh karena itu, pilih kasur yang sesuai dengan kebutuhan tubuh serta yang nyaman. Beberapa jenis kasur seperti busa foam, spring bed, latex, atau hybrid bisa menjadi pilihan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/17/180147576/tidak-bisa-tidur-nyenyak-periksa-5-hal-ini-di-dalam-kamar-tidur

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke