Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Minyak Zaitun Bisa Membersihkan 5 Hal Ini di Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Minyak zaitun memiliki manfaat yang sangat banyak. Selain dapat digunakan sebagai minyak goreng, minyak zaitun juga dapat digunakan sebagai pelengkap salad.

Di samping itu, minyak zaitun juga memiliki manfaat untuk perawatan tubuh. Anda dapat menggunakan minyak zaitun untuk melembabkan kulit, menangani bibir pecah-pecah, hingga menutrisi kuku.

Namun demikian, tahukah Anda bahwa minyak zaitun juga merupakan bahan pembersih yang ampuh? Dilansir dari Home Talk, Rabu (14/7/2021), berikut beberapa benda di rumah yang dapat dibersihkan dengan minyak zaitun.

1. Panci atau wajan besi cor

Apabila Anda memiliki panci atau wajan besi cor, Anda dapat membersihkannya dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya, tuangkan satu sendok makan minyak zaitun dan garam dapur ke dalam panci atau wajan besi cor.

Dengan menggunakan sikat dapur, gosokkan di permukaan panci atau wajan. Kemudian, bilas dengan air hingga bersih.

2. Peralatan berbahan stainless steel

Ada banyak peralatan memasak di dapur yang dibuat dari stainless steel. Jika peralatan stainless steel tersebut kotor atau usang, maka gunakan minyak zaitun untuk membersihkannya.

Caranya, tuangkan sedikit minyak zaitun ke kain. Kemudian, sapukan kain tersebut dengan gerakan memutar pada peralatan stainless steel untuk menghilangkan kotoran atau jamur.

Peralatan stainless steel Anda akan kembali berkilau.


3. Permukaan kayu

Anda bisa membersihkan dan melapisi permukaan kayu dengan menggunakan minyak zaitun. Caranya, buat larutan dengan mencampur satu sendok makan minyak zaitun dan setengah sendok makan cuka putih.

Tuangkan sedikit larutan tersebut pada kain lembut dan gosokkan secara perlahan pada permukaan kayu. Pastikan Anda selalu menggosok dengan arah yang sama dengan guratan kayu untuk hasil terbaik.

4. Membersihkan cat dari tangan Anda

Ketika Anda mengecat, selalu saja ada cat yang menodai tangan Anda. Jangan khawatir, Anda bisa mudah menghilangkan noda cat dari tangan dengan minyak zaitun.

Tuangkan sedikit minyak zaitun ke kain dan gosokkan ke tangan yang ternodai cat. Bilas hingga bersih dengan menggunakan air.

Selain noda cat akan hilang, kulit Anda pun semakin halus.

5. Permukaan furnitur rotan dan anyaman

Furnitur rotan dan anyaman bisa kehilangan kilaunya seiring berjalannya waktu. Namun, Anda bisa kembali membuatnya bersinar dengan menggunakan minyak zaitun.

Caranya, tuangkan sedikit minyak zaitun dan poleskan ke permukaan furnitur. Selain akan mengkilap, furnitur rotan dan anyaman Anda juga akan bersih.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/07/14/084317776/minyak-zaitun-bisa-membersihkan-5-hal-ini-di-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke