Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Cara Mudah Menjaga Kulkas Tetap Dingin

JAKARTA, KOMPAS.com - Suhu di dalam kulkas atau lemari es sangat memengaruhi kualitas makanan yang disimpan di dalamnya. Ini pun nantinya akan menimbulkan perkembangbiakan bakteri.

Ketika suhu makanan mulai naik di atas titik tertentu, sekitar 4 derajat celcius, bakteri mulai berlipat ganda secara eksponensial. Tidak semua bakteri itu jahat, tetapi tidak semua bakteri itu baik juga.

Dikutip dari Real Simple, Senin (28/6/2021), untuk menjaga kualitas makanan Anda dan untuk mengurangi risiko keracunan makanan, sebaiknya pastikan suhu kulkas sesuai dengan yang disarankan dan ikuti panduan perawatan lemari es yang baik.

Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan suhu lemari es yang direkomendasikan adalah di bawah 4 derajat celcius, sementara uhu freezer yang ideal adalah di bawah minus 17 derajat celcius.

Namun, suhu lemari es yang ideal sebenarnya lebih rendah. Usahakan untuk tetap antara 1,7 sampai 3,3 derajat celcius.

Kisaran suhu ini sedekat mungkin dengan titik beku tanpa terlalu dingin sehingga makanan Anda akan membeku.

Jika Anda menemukan suhu kulkas mendekati tanda 4,4 derajat celcius meskipun pengaturan suhu  telah disesuaikan, Anda dapat mengambil beberapa langkah untuk menjaga suhu kulkas tetap ideal.

1. Biarkan makanan dingin sebelum memasukkannya ke dalam kulkas

Mangkuk panas sisa sup atau ayam panggang dapat memanaskan ruang kecil di kulkas dengan cepat, menempatkan makanan dalam bahaya pertumbuhan bakteri yang cepat.

Untuk melindungi semua makanan dan minuman yang ada di kulkas, biarkan makanan agak dingin sebelum ditutup dan disimpan di lemari es.

2. Periksa segel pintu kulkas

Gasket di sekitar tepi pintu kulkas menjaga suhu dingin masuk dan suhu hangat keluar. Jika ada kebocoran di salah satu gasket itu, udara dingin mungkin keluar.

Itu bisa membuat pendinginan lemari es dengan benar lebih sulit, dan menghabiskan lebih banyak listrik, meningkatkan tagihan listrik bulanan Anda.

3. Jangan terlalu sering membuka pintu kulkas

Setiap kali Anda membuka pintu kulkas, Anda membiarkan udara dingin keluar dan udara hangat masuk. Tahan godaan untuk berdiri di depan lemari es saat lapar, cari makanan yang akan menyembuhkan keinginan Anda.

Sebaliknya, dapatkan apa yang Anda inginkan, dan tutup pintu dengan cepat.

4. Jaga kulkas tetap penuh

Kulkas yang penuh adalah kulkas yang bahagia. Hal yang sama berlaku untuk freezer Anda.

Suhu kulkas bisa tetap dingin lebih lama dan menjaga makanan tetap dingin paling baik jika rak dan laci sebagian besar penuh. Pastikan Anda tidak terlampau memenuhi ruangan kulkas dan mengurangi aliran udara.

Itu bisa membuat pergerakan udara dingin menjadi sulit dan meningkatkan risiko udara hangat terperangkap.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/28/143211476/4-cara-mudah-menjaga-kulkas-tetap-dingin

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke