Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Berapa Lama Ikan Cupang Bertahan Tanpa Makanan?

Bahkan dilansir dari berbagai sumber, Rabu (23/6/2021), ikan cupang dewasa yang sehat dapat bertahan tanpa makanan hingga dua minggu.

Namun, hal ini tidak disarankan karena setelah sekitar lima hingga enam hari ikan cupang mulai memanfaatkan cadangannya dan dapat memasuki fase kelaparan.

Kemudian, kelaparan ini dapat meningkatkan tingkat stres dan dapat menyebabkan kegagalan organ dan kontraksi penyakit.

Jika Anda akan berlibur selama dua hingga empat hari, ikan cupang masih bisa bertahan. Bahkan ada beberapa pemilik yang membiarkan ikan cupang tidak makan selama dua minggu, namun hal tersebut tidak disarankan karena hal ini tergantung dari usia, kesehatan, metabolisme, dan lingkungannya.

Jumlah maksimum ikan cupang bertahan tanpa makanan adalah sekitar 4-7 hari.

Tergantung suhu air

Ikan merupakan hewan berdarah dingin. Metabolisme mereka dan kebutuhan nutrisi sebagian didasarkan pada lingkungan mereka.

Sebagai aturan umum, ikan yang dipelihara di air yang lebih hangat membutuhkan makan lebih sering daripada ikan yang disimpan di air yang lebih dingin.

Misalnya ikan koi yang dipelihara di kolam hangat di musim panas diberi makan secara teratur, sementara di suhu yang lebih dingin, metabolisme mereka melambat hingga mereka bisa bertahan lama tanpa makanan.

Sementara itu, ikan cupang adalah ikan tropis dan tidak akan pernah bisa bertahan hidup di air yang sangat dingin. Mereka membutuhkan makan secara teratur dan tidak pernah bertahan untuk waktu yang sangat lama tanpa makanan.


Meskipun mereka bisa melewatkan beberapa hari tanpa makanan, namun hindari tidak memberikan makan secara rutin karena dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Bahkan jika ikan cupang yang tidak diberikan makan dalam jangka waktu lama tampak hidup dan sehat, sistem kekebalannya dapat dengan cepat melemah sehingga membuatnya rentan terhadap penyakit umum yang dapat menyebabkan komplikasi serius atau kematian.

Ikan cupang di alam liar hidup di lingkungan yang sangat subur dengan banyak serangga dan larva untuk dimakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/23/111800776/berapa-lama-ikan-cupang-bertahan-tanpa-makanan-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke