Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Catat, Serangga-serangga yang Bermanfaat di Halaman Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Di antara ratusan ribu spesies serangga, ada beberapa jenis serangga benar-benar bermanfaat untuk di halaman rumah Anda. Sejumlah serangga ini bermanfaat lantaran memangsa serangga yang merusak tanaman.

Selain itu, beberapa serangga juga membantu penyerbukan tanaman, sehingga tanaman akan sering berbunga atau berbuah.

Nah, apa saja serangga-serangga yang bermanfaat untuk tanaman di halaman rumah Anda? Dilansir dari Family Handyman, Selasa (22/6/2021), berikut di antaranya.

1. Kumbang dan serangga pemangsa lainnya

Di antara ratusan ribu spesies dalam ordo serangga Coleoptera (kumbang) dan Hemiptera (serangga sejati) terdapat banyak makhluk pemangsa yang memakan kerabat mereka yang pemakan tumbuhan.

Kumbang harimau, tentara, tanah, dan kumbang kecil, bersama dengan serangga pembunuh dan bajak laut, hanyalah beberapa serangga yang harus Anda sambut di taman di rumah.

2. Lebah, tawon, dan semut

Semua spesies lebah adalah penyerbuk penting, yang sebagian besar bertanggung jawab atas tumbuhnya benih, kacang-kacangan, buah beri, buah-buahan, dan makanan nabati lainnya yang membentuk bagian bawah rantai makanan bagi manusia dan satwa liar. Jadi, jangan terburu-buru mengusir mereka.

Jangan khawatir dengan kehadiran tawon dan semut juga. Predator yang rajin, mereka terus berpatroli, membersihkan taman Anda dari hama.

3. Ulat

Kupu-kupu dan ngengat juga merupakan penyerbuk penting di taman Anda. Bahkan, ulat juga menarik kehadiran burung.


Lebih dari 95 persen burung mengandalkan ulat bulu sebagai makanan utama bagi anak-anaknya. Menarik serangga ini ke taman Anda pada dasarnya berarti menarik lebih banyak burung.

4. Laba-laba

Hewan yang masuk dalam kelompok Arakhnida ini adalah salah invertebrata taman yang paling membantu, tetapi mereka juga termasuk yang paling difitnah perannya.

Semua laba-laba adalah predator dan memakan serangga, baik mereka berburu menggunakan jaring yang dijalin dengan terampil, dengan menyergap, atau dengan menguntit.

5. Capung

Pada fase dewasa, capung memakan semua jenis serangga terbang, dari nyamuk hingga lalat penggigit dan agas.

Cara memikat serangga yang bermanfaat ke halaman rumah

Setelah Anda mengetahui beberapa serangga yang baik untuk halaman rumah, apa yang dapat dilakukan untuk menarik mereka? Pertama-tama, tanam spesies asli, yang dapat mendukung 60 persen lebih banyak serangga asli daripada beberapa tanaman hias yang lebih eksotis.

Kedua, jangan terlalu rapi. Desain taman alami akan menyediakan tempat persembunyian dan hibernasi, serta makanan dan tempat untuk bersarang.

Terakhir, hentikan penggunaan pestisida. Ini bisa jadi sulit jika Anda mengandalkannya secara teratur, tetapi mereka membunuh serangga yang bermanfaat bersama dengan serangga yang tidak Anda inginkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/22/173244276/catat-serangga-serangga-yang-bermanfaat-di-halaman-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke