Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Membersihkan Kipas Angin Gantung dengan Baking Soda dan Cuka

JAKARTA, KOMPAS.com - Kipas angin gantung banyak digunakan pemilik rumah untuk menyejukkan ruangan. Namun demikian, karena posisinya di langit-langit ruangan, membersihkan kipas angin gantung bisa menjadi hal yang sulit.

Akan tetapi, Anda perlu tetap membersihkannya. Sebab, bilah-bilah kipas angin gantung bisa menampung debu yang pada akhirnya dapat mengganggu kesehatan Anda dan keluarga.

Dikutip dari Tools Part, Selasa (22/6/2021), dalam membersihkan kipas angin gantung, Anda bisa menggunakan campuran baking soda dan cuka. Meski begitu, hal pertama yang harus dipastikan adalah keamanan dan keselamatan.

Untuk membersihkan kipas angin gantung, jangan lupa menggunakan masker wajah, sarung tangan, kacamata pengaman, dan perlengkapan keselamatan lainnya. Jadi sebelum mulai bekerja, pastikan Anda memiliki masker wajah dan perlengkapan keselamatan.

Pastikan juga kipas angin gantung dalam keadaan mati dan tidak tersambung listrik. Di samping itu, pastikan untuk menggunakan tangga untuk mencapai kipas angin gantung.

Adapun penggunaan baking soda dan cuka adalah untuk memastikan debu pada bilah kipas angin gantung menyebar ke berbagai arah di dalam rumah Anda.

Cara ini pun dapat digunakan untuk membersihkan kipas angin jenis lainnya.

Cara membersihkan kipas angin dengan baking soda dan cuka

Yang Anda butuhkan adalah 2 sendok makan baking soda, 4 sendok makan cuka, dan 4 sendok makan air soda. Masukkan semuanya ke dalam mangkuk dan aduk rata.

Setelah larutan tercampur sempurna, sekarang saatnya untuk menjalankan aktivitas pembersihan.

Ambil sikat gigi bekas, dan celupkan ke dalam mangkuk berisi larutan dan oleskan di bagian belakang, tepi, dan sudut bilah kipas. Noda minyak pada kipas angin gantung terkadang menjadi kaku karena terlalu lama menempel.

Sekali atau dua kali diseka dengan sikat gigi, maka noda tidak begitu bersih. Dalam hal ini, gunakan larutan pembersih sampai Anda membersihkannya dua atau tiga kali.


Sekarang saatnya menyikat bilah kipas langit-langit setelah dibersihkan dengan sikat gigi. Setelah dicelupkan, masukkan ke dalam air dan cuci dengan lembut.

Bagian lain dari kipas langit-langit seperti batang bawah langit-langit, kanopi, dan kepala motor semuanya membutuhkan larutan pembersih untuk menghilangkan noda.

Buatlah lagi larutan seperti di atas dalam proporsi yang lebih besar untuk membersihkannya.

Jika bilah kipas langit-langit kering, periksa bilah kipas dan pasang kembali.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/22/151136876/cara-membersihkan-kipas-angin-gantung-dengan-baking-soda-dan-cuka

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke