Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Fakta Unik Tanaman Lavender yang Perlu Diketahui

KOMPAS.com - Aroma yang kuat dan warna bunga yang cerah, menjadikan tanaman lavender sebagai salah satu tanaman yang paling mudah dikenali.

Selain itu, tanaman lavender juga termasuk dalam tumbuhan herbal yang memiliki banyak khasiat serta manfaat kesehatan untuk pengobatan, kecantikan, dan kuliner.

Misalnya, aromanya yang khas dijadikan sebagai campuran dan bahan utama pembuatan kosmetik hingga aroma terapi untuk menghilangkan stres juga cemas. Tak hanya itu, lavender memiliki banyak fakta unik dan menarik yang perlu kamu ketahui.

Melansir dari Better Homes & Gardens, Jumat (18/6/2021), berikut ini fakta unik tanaman lavender.

1. Memiliki banyak manfaat

Nama lavender berasal dari bahasa latin yakni 'lavere' yang berarti 'mencuci'. Dinamai demikian karena bunga lavender digunakan dalam berbagai campuran produk kosmetik seperti sampo, pembersih wajah, sabun tangan, hingga pengharum ruangan.

Bahkan, lavender juga didaulat sebagai tanaman dengan banyak manfaat kesehatan seperti menenangkan luka bakar, membuat tidur lebih nyenyak, mengurangi kecemasan dan stres, hingga mengobati sakit otot dan sendi.

Selain itu, tanaman lavender juga digunakan dalam berbagai campuran kuliner seperti kue dan minuman.

2. Digunakan sejak ribuan tahun lalu

Lavender berasal dari wilayah Mediterania, Afrika Timur Laut, dan Asia Barat Daya, dan telah tumbuh di wilayah tersebut selama lebih dari 2.500 tahun.

Di Mesir kuno, lavender digunakan dalam proses mumifikasi untuk mengharumkan mayat. Sementara itu, orang Yunani kuno menggunakan lavender untuk mengobati penyakit ringan seperti sakit kepala dan gangguan pencernaan.


Saat terjadi Black Plague di abad ke-16, minyak tanaman lavender digunakan untuk menangkal penyakit hingga menutupi bau mayat yang bertebaran akibat wabah.

3. Sangat simbolis

Lavender umumnya dikaitkan dengan kemurnian, pengabdian, ketenangan, dan ketenangan. Simbol ketenangan dan ketenangan dikaitkan pada penggunaan lavender dalam membantu tidur dan mengurangi kecemasan.

Simbol kemurnian ditunjukkan melalui penggunaan lavender di sepanjang sejarah sebagai pembersihan dan hubungannya dengan kebersihan.

Lavender juga melambangkan pengabdian, yang menjadikannya sebagai pilihan rangkaian bunga untuk momen pernikahan.

4. Ada ratusan varietas lavender

Menurut Asosiasi Petani Lavender AS, ada lebih dari 45 spesies lavender dan lebih dari 450 varietas berbeda.

Tanaman lavender dapat menoleransi suhu panas yang tinggi, ia juga dapat hidup di beberapa cuaca di berbagai belahan dunia sehingga sebelum menanam lavender, teliti dulu varietas mana yang tepat untuk wilayah tempat tinggalmu.

5. Lavender hadir dalam berbagai Warna

Jika selama ini kamu mengira bahwa lavender hanya berwarna ungu, maka bersiaplah untuk terpukau.

Tanaman ini memiliki banyak warna seperti putih, kuning, dan merah mudah. Warna bunga tidak berpengaruh pada aroma tanaman, misalnya, 'White Grosso' adalah varietas lavender dengan bunga putih yang juga memiliki aroma yang sangat kuat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/18/124000476/5-fakta-unik-tanaman-lavender-yang-perlu-diketahui

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke