Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Lupa Bersihkan 8 Benda di Ruang Keluarga Ini

JAKARTA, KOMPAS.com - Ruang keluarga adalah tempat di mana banyak aktivitas dilakukan di rumah. Selain untuk menonton TV, berkumpul dengan keluarga, ruang keluarga juga dijadikan tempat bekerja hingga makan.

Oleh sebab itu, membersihkan ruang keluarga harus dijadikan rutinitas. Jangan lupa juga, benda-benda yang ada di dalamnya tidak boleh luput dari pembersihan.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Selasa (15/6/2021), berikut beberapa benda di ruang keluarga yang tidak boleh lupa untuk dibersihkan.

1. Remote TV

Mungkin Anda tidak menyangka bahwa remote TV bisa sangat kotor. Anda dan anggota keluarga menyentuhnya setiap hari, dan remote TV kemungkinan tidak ada dalam rutinitas pembersihan Anda.

Sebelum membersihkan remote TV, pastikan untuk melepas baterai dari belakang. Kemudian, Anda bisa bebas menyeka permukaan dengan kain yang sedikit dibasahi dengan alkohol, biarkan mengering dan ganti baterai.

Hal yang sama berlaku untuk remote apa pun dan konsol video game. Pikirkan saja semua remah makanan yang tertinggal di tombol dari ngemil dan bermain game.

2. Bantal sofa

Jika Anda merasa tidak perlu mencuci bantal sofa, pikirkan lagi. Bantal sofa digunakan sama seperti bantal di kamar tidur.

Jauhkan keluarga dan tamu Anda dari penumpukan bakteri dengan membersihkan bantal sofa secara teratur. Jika Anda beruntung, Anda mungkin memiliki sarung bantal yang dapat dilepas untuk digunakan bersama dengan cucian pakaian.

Namun, beberapa bantal yang dihias membutuhkan pencucian dengan tangan. Setiap bantal sofa berbeda, jadi selalu periksa label perawatan sebelum dibersihkan.

3. Lampu

Memiliki lampu yang bebas debu bukan berarti bebas dari kuman. Saat membersihkan ruang keluarga, jangan berhenti di dasar lampu.


Setelah Anda memoles permukaan dengan sempurna, lanjutkan dengan membersihkan sakelar lampu dengan cepat juga. Setelah lampu dicabut, bersihkan dengan disinfektan yang aman dan biarkan kering.

Lampu adalah barang kecil tapi bisa menampung banyak kuman. Sama seperti gagang pintu atau keran wastafel, perangkat keras ini disentuh oleh banyak tangan setiap hari.

4. Meja kopi

Kaki tidak diperbolehkan di atas meja kopi karena alasan yang jelas. Kaki yang bau adalah alasan mengapa merapikan meja kopi tidak cukup untuk pekerjaan pembersihan Anda.

Perlakukan meja kopi seperti Anda memperlakukan meja dapur. Meja kopi harus dibersihkan secara teratur dengan disinfektan.

Jangan hanya membersihkan bagian atas meja kopi. Anak-anak dengan kaki pendek suka mengistirahatkan kaki telanjang mereka di sisi meja, jadi pastikan untuk menyeka di sepanjang tepi dan kaki.

5. Tirai

Tirai dapat menahan debu, bulu hewan peliharaan, dan serbuk sari, jadi jangan mengabaikannya selama rutinitas pembersihan.

Luangkan waktu untuk melepaskannya dari rel gorden dan memasukkannya ke dalam mesin cuci, kecuali jika terbuat dari kain seperti sutra.

Selalu periksa label perawatan sebelum mencuci dan mengeringkan untuk hasil terbaik.

6. Kipas angin gantung

Gumpalan debu bisa menumpuk di bilah-bilah kipas angin gantung, terutama selama bulan-bulan musim hujan. Cegah debu terbang di sekitar ruangan dengan menangani debu di sumbernya.


Kain lap bergagang panjang dari toko perkakas bisa memudahkan pembersihan kipas angin gantung. Agar konsisten, bersihkan kipas angin gantung di awal setiap musim.

7. Tanaman hias

Penyiraman bukan satu-satunya cara untuk merawat tanaman hias. Tanaman hias menjadi berdebu tanpa perawatan yang tepat.

Perhatikan daunnya saat Anda menyiramnya. Ketika Anda melihat debu mulai terkumpul, bersihkan daun dengan kain yang sedikit lembab.

Jangan lupa untuk menyeka pot juga. Daun tanaman hias akan terlihat lebih hijau dan sehat dari sebelumnya.

8. Di belakang TV

Anda mungkin tidak menyadari betapa berdebunya bagian belakang TV sampai Anda melihat ke belakang untuk meraba-raba beberapa kabel yang salah tempat.

Seka semua kabel dan kotak di belakang sana. Berhati-hatilah saat bekerja dengan peralatan elektronik, cabut semua kabel saat bekerja dengannya.

Sebaiknya lakukan ini setiap kali Anda menjadwalkan hari pembersihan agar debu tidak sempat terkumpul.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/15/084800576/jangan-lupa-bersihkan-8-benda-di-ruang-keluarga-ini

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke