Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jenis-jenis Kompor Mulai dari Listrik Sampai Gas

JAKARTA, KOMPAS.com--Banyaknya jenis kompor di pasaran mungkin membuatmu bingung memilih yang mana untuk dapur rumahmu.

Karena, memilih jenis kompor terbaik untuk dapur tergantung pada kebiasaan memasak dan kebutuhan gaya hidup.

Berikut adalah daftar jenis kompor yang umum yang mungkin cocok dengan kebutuhanmu seperti dilansir dari Universal Appliance and Kitchen Center, Minggu (6/6/2021).

Kompor gas adalah desain pilihan untuk koki rumahan yang serius, karena menawarkan suhu tinggi dan kontrol yang mudah disesuaikan yang diperlukan untuk memasak dengan cepat dan efisien.


Kompor jenis ini menggunakan api terbuka sebagai sumber panas dan sebagai hasilnya mampu mencapai panas tinggi dengan cepat.

Meskipun desain kompor gas bervariasi, banyak unit memiliki kompor listrik yang dirancang untuk mencapai suhu maksimum dengan cepat serta untuk panas yang lebih halus dan terkontrol.

Selain itu, banyak kompor gas premium terbaik memiliki komponen yang memungkinkan kamu memasak makanan ala restoran di dapurmu.

Kompor gas adalah tambahan yang bagus untuk hampir semua dapur, meskipun peralatan ini memiliki beberapa kelemahan.

Pertama, karena kontrol kenopnya, mungkin sulit untuk mencapai suhu memasak yang sama persis setiap kali alat digunakan. 

Jika kontrol suhu yang konsisten menjadi perhatian utamamu, kompor listrik adalah pilihan yang baik.

Pembakar pada unit ini dipanaskan dengan listrik, dan kompor tidak memerlukan sambungan gas. Hal ini membuat kompor listrik umumnya lebih mudah dipasang daripada kompor gas.

Kompor listrik tradisional memiliki fitur pembakar koil, meskipun peralatan yang lebih modern menawarkan desain permukaan yang halus.

Terlepas dari gayanya, kamu akan mendapatkan suhu yang tepat setiap kali digunakan, karena pengaturan listrik memastikan konsistensi dari panas yang dihasilkan.

Banyak pemilik rumah menikmati kenyamanan kompor listrik, meskipun unit ini dikenal sedikit kurang responsif dibandingkan model gas.

Kamu harus menunggu sebentar saat kompor listrik dinyalakan untuk mendapatkan panas yang diinginkan.

Kompor induksi adalah jenis kompor listrik yang memanfaatkan energi elektromagnetik untuk memasak makanan. Elemen di bawah permukaan keramik datar alat menciptakan medan


magnet yang bereaksi terhadap peralatan masak dengan dasar baja, besi, atau baja tahan karat magnetik.

Reaksi menciptakan getaran yang menghasilkan panas yang dibutuhkan untuk memasak. Berkat desain unik ini, ada sejumlah manfaat memiliki kompor induksi.

Kompor ini akan memanas jauh lebih cepat daripada kompor listrik tradisional, sambil tetap menawarkan kontrol suhu yang unggul.

Selain itu, kompor induksi secara signifikan mengurangi risiko terbakar atau kebakaran dapur, karena hanya menghasilkan panas saat peralatan masak yang kompatibel menyentuh permukaan, bahkan saat alat dihidupkan.

Ada sejumlah keuntungan memiliki kompor induksi, meskipun penting untuk diketahui bahwa kompor ini biasanya dianggap sebagai peralatan mewah dan premium.

Itu berarti kompor induksi sering kali berharga mahal, dan mungkin bukan pilihan terbaik bagi pemilik rumah yang minim anggaran.

Rangetops menawarkan fungsi yang sama seperti kompor tanam, meskipun harus dipasang dengan menggeser ke meja, memanjang dari bagian belakang meja ke bagian depan.

Sementara kompor tanam memiliki kenop kontrol di bagian atas meja, kompor tanam memiliki kenop di bagian depan alat di tepi meja. 

Kebanyakan kompor jenis memiliki kompor gas, meskipun range top listrik juga tersedia. Sama seperti kompor induksi, kompor ini adalah peralatan premium, dan harganya relatif mahal.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/06/234701876/jenis-jenis-kompor-mulai-dari-listrik-sampai-gas

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke