Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Tanaman Hias yang Tahan Panas Matahari

Saat terkena paparan panas sinar matahari, ada beberapa tanaman hias yang gosong dan layu karena tidak kuat dengan suhu panas. 

Meski begitu, tidak semua tanaman hias tidak tahan terhadap panas sinar matahari. Ada banyak tanaman hias yang tahan terhadap panas sinar matahari dan bisa dikoleksi di rumah.

Dikutip dari kanal YouTube Obunga Deksa, Jumat (4/6/2021), berikut ini 10 jenis tanaman hias tahan panas. 

Bougenville

Bougenville atau bunga kertas adalah tanaman paling tangguh yang tahan terhadap panas terik matahari.

Dengan suhu yang panas, bougenville justru semakin banyak mengeluarkan bunga. Begitu pun, meski hanya disiram dua kali seminggu pada musim panas, tanaman ini tetap tegar dan cantik. 

Selain suhu panas, media tanam, pemupukan, dan pemangkasan tentu saja memegang peranan penting bagi bougenville untuk menghasilkan bunga yang rimbun. 

Euphorbia

Euphorbia atau yang biasa disebut bunga kancing adalah salah satu genus tumbuhan berbunga terbesar yang memiliki 2.420 spesies. 

Meski pamornya mulai menurun, tanaman yang suka dengan matahari ini juga cantik kalau dirawat dengan baik. 

Nona makan sirih

Bunga dengan nama unik ini punya dua jenis bunga, yakni ada yang berwarna putih-merah dan ada juga yang berwarna pink-ungu. 

Nona makan sirih sangat cantik untuk dijadikan tanaman peneduh. Dirambatkan ke pagar atau tiang juga membuat nona makan sirih terlihat estetik. 

Miana

Miana atau Iler adalah tanaman semak dengan tinggi mencapai 1,5 meter. Daunnya berkhasiat mengatasi wasir, bisul, demam nifas, radang telinga, dan haid tidak teratur. 

Miana terbagi dua jenis. Pertama, ada yang daunnya makin berwarna jika terkena sinar matahari penuh dalam waktu lama. Kedua, ada juga yang malah kusam.

Jadi, saat memeliharanya, kamu harus pandai-pandai melihat. Jika dia kusam dan semakin kusam, jangan terlalu lama menempatkannya di tempat yang terkena sinar matahari dan kurangi durasinya. 

Asoka

Bunga asoka atau kerap disebut bunga jadul sangat mudah ditemui dan masih digemari sampai saat ini.

Kelopak bunga asoka ada yang kecil dan ada yang besar menyerupai mangkuk dengan warna beragam seperti merah, putih, pink, dan kuning. 

Pentas

Pentas adalah genus tanaman berbunga dalam keluarga Rubiaceae yang tahan terhadap panas matahari.

Bunga pentas sangat tahan panas, tidak layu, dan berguguran meski terpapar panas sinar matahari dari siang hingga sore hari. 

Kembang sepatu

Kembang sepatu adalah tanaman semak suku Malvaceae yang berasal dari Asia Timur.

Bunga dari berbagai kultivar dan hibrida bisa berupa bunga tunggal (daun mahkota selapis) atau bunga ganda (daun mahkota berlapis) yang memiliki aneka warna, di antaranya putih, kuning, oranye, merah, dan pink.  

Alamanda

Alamanda adalah tanaman hias yang umum disebut sebagai bunga alamanda dan  sering disebut sebagai bunga terompet emas, bunga lonceng kuning, atau bunga buttercup.

Bunga alamanda bisa ditanam di pot, tanah, dan dibuat merambat ke atas. Warna kuning cerah bunga alamanda menyegarkan mata yang menatapnya. 

Cocor bebek

Cocor bebek adalah tanaman hias yang berasal dari genus Kalanchoe yang terkenal karena metode reproduksinya melalui tunas daun.

Cocor bebek termasuk tanaman hias rumah yang tahan panas asal rutin menyiramkannya dengan air setiap 10 hari sekali. 

Krokot merah

Krokot adalah tanaman yang bisa tumbuh liar di tempat-tempat terbuka yang terkena sinar matahari sehingga tahan panas.

Warna daun krokot merah tak selalu merah, terkadang hijau. Namun, bila semakin sering terkena panas, daun krokot merah yang hijau akan menjadi merah cerah.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/06/04/135037576/10-tanaman-hias-yang-tahan-panas-matahari

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke