Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Alasan Pentingnya Memasang Kaca Film di Jendela Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Jendela adalah bagian penting dari bangunan yang berfungsi untuk sirkulasi udara dan cahaya, sekaligus menambah daya tarik dari tampilan jendela yang ditawarkan.

Terkait dengan jendela, kebanyakan rumah selalu menggunakan kaca transparan di jendelanya, sehingga membuat isi rumah bisa terlihat dari luar.

Jika kaca di jendela rumahmu adalah kaca bening yang transparan, maka penting untuk melapisinya dengan kaca film agar kamu bisa jauh lebih nyaman.

Dilansir dari beberapa sumber, Jumat (28/5/2021), berikut ini adalah 5 alasan mengapa kamu perlu memasang kaca film di jendela yang berkaca transparan.

1. Keamanan dan privasi

Rumah yang memiliki banyak jendela berkaca transparan akan mengganggu privasi penghuninya. Ini memungkinkan orang lain untuk melihat isi rumah.

Kamu mungkin merasa tidak nyaman saat orang lain mengetahui terlalu banyak tentang apa yang ada dan kondisi yang terjadi di dalam rumahmu.

Oleh karena itu, gunakan kaca film di jendela berkaca transparan untuk membatasi tampilan interior rumah. Dengan cara ini, kamu dapat menikmati privasi tinggal di rumahmu sendiri.

Selain itu, kamu membatasi orang-orang untuk melihat barang berharga di rumahmu, sehingga mencegah tindak pencurian.

Beberapa jenis kaca film juga dapat meningkatkan integritas kaca jendela rumahmu untuk menghindari kerusakan.

2. Mengontrol panas

Saat cuaca panas menghampiri, kaca film dapat berguna untuk mengurangi jumlah panas yang masuk ke rumah dari jendela.

Dengan demikian, kamu tidak perlu khawatir dengan pendinginan AC di dalam ruangan rumah.

Memasang kaca film di jendela berkaca transparan bisa membuat penghuni rumah tinggal dengan nyaman selama cuaca panas terjadi.

Selain itu, kaca film membantu mengurangi panas yang hilang dari dalam rumah. Ini bermanfaat baik selama cuaca dingin untuk tetap mempertahankan panas di dalam rumah.

3. Mencegah paparan sinar UV

Sinar matahari dapat menyebabkan kerusakan dengan berbagai cara. Kaca film memungkinkan untuk mencegah sinar UV matahari masuk ke rumah dari jendela.

Dengan demikian, kamu dapat melindungi kulitmu dari sinar berbahaya yang dapat menyebabkan masalah kulit yang merugikan.

Selain itu, kamu juga dapat mengurangi paparan sinar UV pada beberapa barang dan karya seni di dalam rumah.


Dengan demikian, kamu dapat mencegah kerusakan pada barang berharga dan meningkatkan daya tahan barang-barang di dalam rumah.

4. Hilangkan silau

Cahaya silau matahari yang menembus jendela tentu tidak pernah nyaman, apalagi ini terjadi persis dihadapanmu.

Kaca film akan membantu mengatasi silau dan mencegah cahaya berlebih masuk ke dalam rumah.

5. Hemat energi

Apakah kamu ingin menjalani gaya hidup yang lebih ramah lingkungan? Atau kamu ingin mengurangi tagihan listrik bulanan? Kaca film secara tidak langsung dapat membantu dua keinginan di atas.

Saat cuaca begitu panas dan terik, panas dapat merembes melalui jendela berkaca transparan, meningkatkan suhu udara, furnitur, lantai, bahkan dinding.

Peningkatan suhu ini menyebabkan AC mengeluarkan daya berlebih sebagai upaya untuk menjaga ruangan di dalam rumahmu tetap sejuk.

Semakin lama kamu menyalakan AC, semakin banyak energi listrik yang akan digunakan.

Kaca film mampu menahan rembesan panas masuk ke dalam rumah, sehingga membuat AC yang menyala tidak harus bekerja keras untuk mendinginkan ruangan.

Maka dari itu, secara tidak langsung kaca film tidak membuat pengeluaran biaya listrik bertambah.

Jadi, jika kamu memiliki banyak jendela di rumahmu, pertimbangkan alasan di atas untuk melapisi kaca jendela yang transparan dengan kaca film.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/28/100700876/5-alasan-pentingnya-memasang-kaca-film-di-jendela-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke