Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Benda di Rumah yang Bisa Dibersihkan dengan Lemon

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain dapat menggunakan beragam bahan pembersih kimia, Anda juga dapat menggunakan bahan alami seperti lemon untuk membersihkan beragam area di dalam rumah.

Tak hanya bisa dimanfaatkan sebagai bahan makanan, seperti yang dilansir dari Apartment Therapy, Selasa (19/5/2021), lemon juga dapat digunakan sebagai larutan pembersih untuk membersihkan area di dalam rumah. 

Berikut ini beberapa benda di rumah yang dapat dibersihkan dengan lemon. 

1. Mentralkan bau cuka

Selain lemon, cuka juga bahan alami yang ampuh untuk membersihkan noda, residu lengket, hingga melancarkan saluran pembuangan. Namun, terkadang penggunaan cuka meninggalkan bau yang tak sedap.

Untuk menghilangkannya, Anda dapat menggunakan perasan air lemon yang dicampur dengan cuka sehingga tidak meninggalkan bau yang menyengat.

2. Membersihkan kaca

Jika Anda mencari cara yang lebih alami untuk membersihkan jendela dan permukaan kaca lain di sekitar rumah, pertimbangkan campuran perasan lemon dan cuka yang disebutkan di atas sebagai pilihan.

Untuk membuat semprotan pembersih kaca, campur satu sendok makan cuka putih dan dua sendok makan perasan lemon dalam botol semprot kosong.

Kemudian, tuangkan ke dalam satu cangkir air panas tetapi tidak mendidih dan kocok untuk mencampurnya lagi sebelum digunakan.

3. Penghilang minyak

Perasan lemon dan cuka juga bisa menjadi penghilang minyak yang bagus. Campurkan setengah cangkir perasan lemon dan dua cangkir cuka putih dalam botol semprot untuk membuat semprotan pembersih dapur sendiri.

Cukup semprotkan dan bersihkan dengan lap atau tisu dapur. 

4. Membersihkan piring

Jika Anda mencuci piring dan mendapati sisa makanan yang menempel pada perlengkapan makan, gunakan setengah bagian lemon dan sedikit garam kasar untuk menggosok sisa makanan tersebut dengan mudah.

5. Membersihkan microwave

Sedikit air dan lemon adalah bahan yang butuhkan untuk membersihkan microwave. Masukkan setengah cangkir air perasan lemon dan air ke dalam mangkuk tahan microwave atau gelas takar.

Panaskan campuran di dalam microwave selama 3 menit atau hingga mendidih, lalu diamkan selama 5 menit tanpa membuka pintu agar sisa makanan yang menempel menghilang. Setelah itu, bersihkan microwave.

6. Menghilangkan noda

Perasan lemon atau jeruk nipis adalah bahan pemutih alami, sehingga Anda bisa menggunakannya sebagai penghilang noda.

Anda dapat membersihkan noda deodoran atau keringat yang menempel di kerah baju, selain itu, lemon juga dapat menghilangkan noda karat. Hanya saja, jangan gunakan pada kain berwarna-warni, karena dapat menyebabkan perubahan warna.

7. Pengusir semut

Jika Anda berurusan dengan semut di rumah, kulit lemon dapat membantu Anda menyingkirkan dan menjauhkannya.

Masukkan kulit lemon ke dalam panci, tambahkan cuka secukupnya, lalu panaskan campuran namun jangan sampai mendidih, matikan dan diamkan semalaman.

Saring cairan tersebut ke dalam botol semprot, dan semprotkan di mana pun Anda melihat semut-semut itu.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/18/105000876/7-benda-di-rumah-yang-bisa-dibersihkan-dengan-lemon

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke