Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Cara Menanam dan Merawat Bunga Pansy dari Biji

JAKARTA, KOMPAS.com - Bunga pansy adalah jenis tanaman hasil hibridasi dari beberapa spesies pansy lainnya, yakni genus Viola Triicolor dan Heratsease atau bunga liar di Eropa dan Asia barat.

Bunga pansy memiliki ciri kelopak besar berdiameter dua sampai tiga inci dan berwarna warni. Biasanya, bunga ini dibudidayakan sebagai bunga taman. 

Selain itu, bunga pansy dapat tumbuh mencapai 22 sentimeter dan menyukai paparan sinar matahari. Di negara-negara empat musim, bunga pansy sangat populer karena warnanya cantik dan dapat ditanam di pot, tanah, maupun digantung.

Meski begitu, keberadaan bunga ini di Indonesia masih jarang ditemui. Hal ini karena bunga pansy membutuhkan perawatan khusus dan kesabaran tinggi agar bertahan hidup serta berbunga. 

Namun, bukan berarti menanam bunga pansy di Indonesia adalah hal mustahil. Kamu bisa mengikuti cara menanam dan merawat bunga pansy dari biji yang dilansir dari kanal YouTube Als Garden Vinyl-Reborn pada Kamis (13/5/2021) berikut ini.

Media tanam yang baik untuk bunga pansy haruslah mengikat air, halus, dan gembur. Berikut ini langkah-langkah menyiapkan media tanam bunga pansy:

Setelah tanaman muncul daun, dapat dilakukan pemupukkan tanaman. Berikut ini langkah-langkah pemupukkan bunga pansy. 

Perawatan Bunga Pansy

Hal-hal yang perlu diperhatikan saat memelihara bunga pansy, di antaranya 

  • Bunga pansy akan gagal berbunga jika selama pertumbuhan media tanahnya tidak lembap atau kering. Sebaiknya siram tanaman secara teratur di pagi hari.
  • Gunakan pupuk larut saat menanam bunga pansy. Berikan pupuk setiap dua minggu sekali secara rutin, terutama pada pansy yang ditanam di dalam pot.
  • Supaya bunga pansy bisa bertahan lebih lama, petik bunga-bunga yang layu. Kemudian petik bunga yang bermekaran untuk merangsang pertumbuhan bunga baru.

Nah, itu dia cara menanam dan merawat bunga pansy agar tanaman subur dan tidak mudah mati. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/13/212454976/simak-cara-menanam-dan-merawat-bunga-pansy-dari-biji

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke