Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Membersihkan Wajan Gosong dan Berkerak

Sama dengan peralatan masak lainnya, wajan bisa mengalami gosong. Penyebabnya, teknik memasak yang salah dan penggunaan api yang terlalu besar saat memasak. 

Kondisi gosong ini meninggalkan kerak hitam yang lengket di permukaan wajan, baik di dalam maupun luar, dan susah dihilangkan. 

Namun, tak perlu khawatir, wajan gosong dapat diatasi dengan berbagai cara. Dilansir dari beberapa sumber, Selasa (11/5/2021), berikut ini cara membersihkan permukaan wajan yang gosong. 

Cuka dan Baking Soda 

Cuka adalah pembersih serbaguna yang bagus. Untuk membersihkan permukaan wajan yang gosong. Untuk mengatasi wajan gosong memakai cuka, kamu bisa mengikuti langkah di bawah ini.

Dryer Sheet

Dryer sheet atau lembar pengering bisa jadi bahan pembersih untuk singkirkan noda kerak gosong pada permukaan wajan.

Aluminium Foil

Untuk metode pembersihan ini, kamu perlu menyiapkan air dan baking soda. Campurkan kedua bahan tersebut hingga kental seperti pasta.

Garam

Garam menjadi solusi pembersih wajan gosong lainnya yang bekerja dengan baik. Lapisi wajan yang gosong dengan segelas air hangat dan tambahkan segenggam garam.

Diamkan campuran setidaknya selama 20 menit, lalu bersihkan bagian bawah dengan sabun pencuci piring dan spons lembut. 

Jika masih ada noda, kamu bisa merebus campuran beberapa menit, biarkan dingin dan bersihkan kembali dengan spons lembut.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/11/150916076/5-cara-membersihkan-wajan-gosong-dan-berkerak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke