Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Mendekorasi Rumah untuk Orang dengan Gangguan Kecemasan

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada alasan mengapa orang-orang kerap mengatakan bahwa rumahmu harus menjadi cerminan pribadimu.

Hal ini bisa terjadi karena lingkungan seseorang memainkan peran utama dalam suasana hati dan kesehatan mental, sehingga berhubungan dengan bangunan rumah.

Jadi, jika kamu adalah orang yang menderita kecemasan, maka terimalah ide dekorasi yang terbukti meredakan stres ini.

Dilansir dari House Beautiful, Kamis (6/5/2021), berikut ini 10 cara mendekorasi rumah bagi seseorang yang memiliki kecemasan.

1. Masukkan tanaman hias

Menurut Journal of Environmental Psychology, tanaman hias dalam rumah (khususnya Anthurium) membantu menurunkan tingkat stres. Nah, tanaman hias adalah dekorasi yang bisa digunakan oleh setiap ruangan di rumahmu, bukan?

2. Cat dinding dengan warna biru

Bahkan jika kamu biasanya memilih warna-warna cerah dan menarik, warna-warna tersebut dapat meningkatkan kecemasanmu di rumah.

Sementara itu, biru telah terbukti untuk mengurangi tekanan darah dan membuatmu merasa mengantuk dan mengurangi stres, terdengar menarik untuk diterapkan pada dinding kamar tidur.

3. Jaga rak buku setengah kosong

Ini bukan aturan yang sulit. Mengisi rumah dengan banyak buku dan pernak pernik menciptakan lingkungan yang berantakan, yang mengarah pada peningkatan tingkat kortisol (hormon stres), menurut Society for Personality and Social Psychology.

Jadi, ciptakan ruang rak setengah kosong yang berguna untuk menjauhkan dirimu dari kecemasan.

4. Batasi permainan pola

Sama seperti kekacauan yang bisa membebani dan menyebabkan kortisol berlebihan, kamu mungkin ingin membatasi berapa banyak pola yang kamu campur dan padukan di rumahmu.

Lewati motif polkadot dan garis-garis. Pilih tampilan utuh untuk menciptakan lingkungan yang menenangkan yang tidak akan meningkatkan kecemasanmu.

5. Jauhkan teknologi

Tahukah kamu kebisingan yang muncul dari berbagai teknologi elektronik menyebabkan stres yang berlebih? Nah, itu tidak baik untuk seseorang yang sudah bergumul dengan kecemasan.

Jadi untuk membantu dirimu sendiri, hentikan kebiasaan langsung menyalakan TV setelah kamu tiba di rumah.

6. Letakkan bunga segar

Bunga segar memberikan keindahan estetika alami yang menenangkan dan diketahui dapat menurunkan tingkat stres dan kecemasan.

Demi kesehatan mentalmu, belilah bungkusan bunga segar untuk diletakkan di suatu ruang dan ganti beberapa hari sekali.


7. Tempatkan tempat tidurmu dengan benar

Penempatan tempat tidurmu bisa diatur seseuai dengan feng shui, yang bertujuan mencapai keselarasan spiritual dengan diri dan lingkunganmu.

Berdasarkan praktik ini, kamu harus memposisikan tempat tidur di sisi berlawanan dari pintu kamar tidurmu, tetapi tidak tepat di seberangnya, untuk menciptakan aliran yang menenangkan di kamar tidurmu.

8. Biarkan jendela tetap terbuka

Peneliti di University of Pittsburgh menemukan bahwa ketika pasien rumah sakit terpapar cahaya alami, rasa sakit dan stres mereka berkurang.

Jadi, alih-alih menghalangi sinar matahari dengan menutup jendela, mengapa tidak mencoba membuka semuanya?

9. Kumpulkan lavender

Sebuah studi dari Fakultas Kedokteran Universitas Miami membuktikan bahwa mencium lavender memiliki efek sementara yang signifikan dalam meningkatkan suasana hati.

Bunga lavender membuat orang merasa lebih rileks dan melakukan perhitungan matematika lebih cepat. Jadi simpan bundel bunga cantik ini di kamar tidur dan ruang lainnya untuk redakan kecemasan.

10. Batasi cermin

Tentu, kamar mandi adalah salah satu tempat di mana kamu mungkin membutuhkan permukaan yang memantulkan apa pun yang ada di cermin.

Tetapi para peneliti di Institute of Psychiatry di London menemukan bahwa melihat ke cermin dapat membuat orang merasa lebih stres tentang penampilan mereka, yang berarti kamu mungkin ingin pergi tanpa cermin di tempat lain.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/07/040200076/10-cara-mendekorasi-rumah-untuk-orang-dengan-gangguan-kecemasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke