Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memadukan Warna Cat Pada Hunian

JAKARTA, KOMPAS.com— Menentukan warna cat rumah memang tidak mudah. Apalagi jika ingin mengaplikasikan kombinasi warna cat rumah. Beragamnya pilihan warna yang tersedia membuat kamu semakin bingung dan ragu untuk memilih yang tepat.

Untuk menentukan kombinasi warna cat rumah, tanyakan dulu pada diri sendiri nuansa apa yang ingin kamu ciptakan. Ini karena setiap warna dan kombinasi akan menghasilkan nuansa yang berbeda.


Cara termudah untuk menentukan warna mana yang akan digabungkan adalah dengan memilih warna yang bersebelahan dalam cakram warna.

Jika kamu lebih menyukai warna yang kontras, namun tetap serasi dan tidak norak, pilih warna yang berlawanan. Atau warna yang membentuk sudut 90 derajat. Warna-warna ini akan saling melengkapi dan berbaur secara harmonis.

Selain mengambil warna secara berdampingan, berseberangan, dan membentuk sudut 90 derajat, Anda bisa menggunakan turunan warna. Dalam teori ini, warna yang digunakan hanya satu warna dasar, kemudian dicari turunannya untuk diaplikasikan pada dinding rumah. Misalnya biru tua sebagai warna dasar, turunannya adalah biru langit, biru muda, atau biru kehijauan. Kombinasi warna cat rumah dari warna dasar dan turunannya akan menjadi pilihan yang tak pernah salah karena selalu akan memiliki kesamaan.

Untuk menciptakan kesan luas dan lapang, gunakan warna putih, kuning muda, dan coklat muda. Jika warna yang dipilih terlalu polos, tambahkan aplikasi warna pada furnitur, bantal, karpet, atau hiasan dinding.

Tapi dengan porsi yang tidak terlalu banyak. Misalnya, kamu memilih warna putih dan cokelat muda sebagai cat tembok rumah. Kemudian letakkan sofa berwarna abu-abu tua sebagai focal point di dalam ruangan. Warna abu-abu tua akan memperkuat kesan minimalis pada warna dinding.

Menguji pilihan warna

Jangan hanya membeli berdasarkan warna yang kamu lihat di katalog. Warna asli cat akan sedikit berbeda dari katalog, terutama setelah berada di bawah cahaya.

Jika sudah terlanjur membeli kaleng cat, uji dulu warnanya di papan atau salah satu dinding besar rumah. Hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui apakah hasil akhir cat akan seperti yang dibayangkan atau tidak.


Warna cat akan terlihat berbeda-beda, tergantung pencahayaan yang didapat. Ada dua hal yang harus kamu ingat tentang pencahayaan. Lampu pijar akan menonjolkan warna-warna hangat dan kuning.

Sedangkan lampu neon akan menghasilkan tone warna biru. Jangan salah memilih pencahayaan, karena akan mempengaruhi nuansa ruangan yang kamu cat.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/05/06/180059376/tips-memadukan-warna-cat-pada-hunian

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke