Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Pilihan Pot untuk Tanaman Sayuran

JAKARTA, KOMPAS.com - Meskipun tidak terlalu terlihat penting dibandingkan dengan penyiraman, dan pemupukan, pemilihan pot juga harus diperhatikan dalam menanam berbagai jenis tanaman terutama sayuran.

Memang benar, jika Anda bisa menggunakan pot dengan ukuran yang cukup besar, asal memiliki drainase yang baik dan bahan material yang aman untuk sayuran.

Seperti yang dilansir dari The Spruce, Senin (26/4/2021), yang perlu diingat adalah semakin besar wadah atau potnya, semakin banyak tanah yang dapat ditampung, semakin banyak kelembapan yang bisa dipertahankan.

Secara umum, hindari memilih pot lebih kecil dari 12 inci, sebab ukurannya yang lebih besar, akan lebih baik dalam hal menanam sayuran dalam wadah.

Lantas, jenis pot tanaman apa saja yang dapat menjadi pilihan untuk menanam sayuran? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Pot Kayu

Pot kayu terlihat cantik untuk menanam sayuran, dan Anda biasanya dapat menemukan wadah dengan ukuran optimal yang tidak terlalu mahal. Atau Anda bisa membuat kotak penanam kayu Anda sendiri.

Namun, yang perlu diingat adalah setelah beberapa musim, wadah kayu mungkin mulai membusuk dan kehilangan kualitasnya.

2. Pot tanah liat

Anda dapat menggunakan pot terakota atau tanah liat, namun pot ini lebih sulit untuk menjaga kelembaban tanaman di dalamnya, karena tanah liat memungkinkan air lebih mudah menguap keluar dari tanah.

3. Pot plastik food grade

Anda juga bisa menggunakan wadah plastik food grade atau keramik berlapis kaca. Jika Anda ingin menggunakan pot tanah liat, Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan pot plastik ini sebagai liner atau penutup pot, sehingga dapat menjaga kelembapan tanaman di dalamnya.

4. Pot DIY

Untuk wadah yang tidak mahal, gunakan ember plastik berukuran 5 galon dari toko perkakas dan buat lubang di dasarnya.

Alternatif lain adalah membuat wadah yang tidak biasa dari barang yang Anda miliki di sekitar rumah, seperti keranjang cucian bekas atau tempat sampah mainan. Selama cukup besar dan drainasenya bagus, Anda bisa menggunakan itu sebagai wadah tanaman. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/26/143900776/4-pilihan-pot-untuk-tanaman-sayuran-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke