Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pakai Pupuk Ini agar Bunga Mawar Rajin Berbunga

JAKARTA, KOMPAS.com - Siapa yang tak menyukai bunga mawar? Memiliki warna yang cantik serta aroma yang memikat menjadikan bunga ini salah satu favorit para pencintanya.

Sebagian besar mawar adalah tanaman yang cukup tangguh yang akan tumbuh dan mekar tanpa menuntut banyak perhatian.

Akan tetapi, untuk menikmati bunga mawar mekar dan pertumbuhannya sehat, mawar memang membutuhkan lebih banyak pupuk daripada kebanyakan semak berbunga.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Kamis (15/4/2021), untungnya, mudah untuk memberikan nutrisi yang mereka butuhkan, dan Anda dapat melakukannya secara organik atau dengan produk pupuk sintetis.

Kuncinya ketika memberi pupuk pada mawar adalah pilih pupuk yang memiliki keseimbangan nutrisi yang tepat dan melakukannya secara teratur.

Saat Anda memberi mereka pupuk dengan jadwal yang konsisten, mereka mekar dengan indah.

Tiga komponen nutrisi

Seperti semua tanaman, mawar membutuhkan tiga nutrisi utama, yakni Nitrogen ("N" pada label pupuk), fosfor (P) dan kalium (K) atau akrab dengan istilah NPK, ditambah sejumlah elemen sekunder dan trace element. Trace element (boron, klorin, tembaga, dan besi) mendorong pertumbuhan sel dan akar tanaman.

Sebagian besar tanah kebun menyediakan sebagian dari nutrisi ini, tetapi saat tanaman tumbuh dan menggunakannya, mereka akan habis.

Di situlah Anda harus menambahkan nutrisi kembali ke tanah membantu mawar bertumbuh dengan lebih baik.

Nutrisi primer tersedia dari bahan organik (berasal dari tumbuhan atau hewan) dan bahan sintetis atau anorganik. Pupuk tersedia dalam bentuk semprotan kering, cair, atau daun.

Beli produk berlabel mawar dan baca petunjuk jumlah dan frekuensi pemakaiannya dengan cermat.

Namun, yang harus diperhatikan dalam pemberian pupuk adalah hindari memberikan secara berlebihan, karena pemupukan yang berlebihan dapat merusak tanaman atau membuatnya mudah terserang penyakit dan serangan serangga.


Kebanyakan mawar membutuhkan pemberian pupuk secara teratur. Mulailah memupuk mawar yang baru ditanam dengan pupuk cair (sintetis atau organik) setelah ditanam, sekitar sebulan setelah tanam. Mulailah memberi pupuk mawar yang lebih tua ketika pertumbuhan baru sekitar 6 inci.

Sebagian besar akan mendapat manfaat dari pemberian pupuk cair kedua setelah mekar pertama, dan mawar yang mekar berulang lebih suka diberikan pupuk secara teratur setiap 2-3 minggu hingga akhir musim panas.

Jika Anda menggunakan pupuk granular (pupuk berbentuk padat), penting untuk menggores butiran ke dalam tanah di sekitar pangkal tanaman dan kemudian menyiraminya dengan baik setelah setiap aplikasi.

Pilihan organik, seperti emulsi ikan, pupuk kandang, teh kompos, dan pelet alfalfa adalah pilihan yang baik dan memiliki manfaat karena tidak terlalu membebani tanah dengan senyawa yang tidak perlu.

Produk komersial yang mengandung campuran nutrisi organik juga tersedia; pastikan untuk mengikuti petunjuk label untuk hasil terbaik.

Kandungan unsur hara dalam produk organik umumnya lebih rendah, sehingga lebih sering diaplikasikan, tetapi produk ini juga memberi pupuk organisme tanah dan mengembangkan humus (bahan organik, biasanya dari daun yang membusuk atau kerusakan tanaman lain), membuat tanah lebih sehat untuk pertumbuhan tanaman.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/15/132500776/pakai-pupuk-ini-agar-bunga-mawar-rajin-berbunga

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke