Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mau Pasang Perangkap Tikus di Rumah? Ketahui 8 Hal Ini Dulu

JAKARTA, KOMPAS.com - Memasang perangkap bisa menjadi metode yang efektif untuk membasmi tikus dari rumah Anda.

Selain itu, perangkap tikus pun dipandang lebih aman dan umumnya lebih dapat diandalkan daripada menggunakan racun. Tempat Anda memasang perangkap tikus menjadi penting untuk kesuksesan pembasmian.

Akan tetapi, hal yang tidak kalah penting adalah memberi umpan dengan benar dan memahami beberapa dasar perilaku tikus sehingga Anda dapat menargetkannya secara efektif.

Dilansir dari The Spruce, Rabu (14/4/2021), berikut hal-hal yang harus diketahui sebelum memasang perangkap tikus di rumah.

1. Bagaimana cara mengetahui ada tikus di rumah?

Tikus aktif di malam hari dan tinggal di area tersembunyi, sehingga Anda dapat memiliki masalah tikus di rumah meskipun Anda tidak pernah melihatnya. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan tanda-tanda kehadiran tikus, antara lain sebagai berikut.

2. Bagaimana mengetahui bahwa itu tikus?

Tikus biasanya memiliki panjang 9-11 inci plus ekornya. Adapun Kotoran tikus berukuran 0,5 hingga 0,75 inci.

3. Apa yang dimakan tikus?

Tikus akan makan apa saja, tetapi mereka lebih suka biji-bijian, daging, dan buah-buahan. Tikus makan banyak, sekitar 10 persen dari berat badannya setiap hari.

4. Berapa lama biasanya tikus hidup?

Tikus umumnya hidup sekitar satu tahun, tetapi mereka dapat hidup lebih lama jika mereka memiliki kehangatan, tempat berteduh, dan makanan.

5. Mungkinkah ada tikus di loteng?

Tikus atap menyukai tempat tinggi. Mereka membangun sarang di luar ruangan di pohon atau semak tinggi dan di dalam ruangan di loteng atau lantai atas rumah.

Tikus atap adalah pemanjat yang sangat baik dan bisa masuk ke rumah dengan berlari di sepanjang cabang pohon, kabel, atau kabel.

6. Di mana harus memasang perangkap tikus?

Perangkap harus ditempatkan di tempat tikus berada. Perhatikan tanda-tanda bersarang, menggerogoti, dan kotoran.

Tempatkan perangkap tepat di dinding di area terpencil tempat tikus mencari perlindungan dan di sepanjang rute yang biasa dilalui tikus. Rute perjalanan umum tikus biasanya mengikuti dinding, karena tikus lebih suka bergerak di sepanjang perimeter ruangan daripada keluar di tempat terbuka.

Perhatikan tanda-tanda pergerakan tikus, seperti kotoran, goresan, atau kotoran di sepanjang area yang dilalui tikus.

7. Bagaimana cara agar perangkap berhasil menangkap tikus?

Anda dapat menempatkan perangkap yang tidak dipasang dan diberi umpan terlebih dahulu. Kemudian, setelah tikus terbiasa berada di sana, masukkan umpan ke dalam perangkap dan atur pemicunya.

8. Apa umpan terbaik untuk perangkap tikus?

Berlawanan dengan kepercayaan populer, keju bukanlah umpan terbaik untuk digunakan dalam perangkap. Buah-buahan kering, kacang yang tidak dikupas, atau bahkan makanan hewan dapat menarik perhatian tikus.

Pastikan untuk memasang umpan ke jebakan sehingga tikus tidak bisa melepaskannya tanpa memicu pelatuknya. Umpan bisa dipasang dengan mengikatnya dengan benang atau kawat halus atau bahkan menempelkannya pada tempatnya.


Beberapa perangkap memiliki wadah kecil untuk menampung umpan. Tempatkan sedikit umpan, seperti selai kacang di dalam wadah akan memaksa tikus bekerja lebih keras untuk mendapatkan umpan, meningkatkan kemungkinan memicu jebakan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/14/132300376/mau-pasang-perangkap-tikus-di-rumah-ketahui-8-hal-ini-dulu

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke