Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Anjuran dan Larangan yang Perlu Kamu Terapkan di Ruang Tamu

JAKARTA, KOMPAS.com - Dalam hal dekorasi, bisa dikatakan bahwa ruang tamu merupakan ruang yang tak luput pada bagian utuh sebuah bangunan rumah.

Ini adalah ruangan yang menjadi tempat bagimu untuk menjamu tamu dan orang yang kamu cintai saat berkunjung ke rumahmu.

Berkaitan dengan dekorasi, ruang tamu di rumahmu harus mencerminkan kamu dan keluargamu. Jangan biarkan orang lain memberi tahumu bagaimana kamu harus atau tidak harus mendekorasi.

Jika kamu ingin memastikan ruang tamu di rumahmu terlihat bagus, maka kamu harus melihat hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan pada ruang tamu, dilansir dari The Spruce, Kamis (8/4/2021).

Barang yang paling penting di ruang tamu

Kamu pasti ingin memilih barang yang paling mahal atau favorit dan menghias sekeliling ruang tamu. Bagi banyak orang, barang itu mungkin adalah sofa.

Jadi, belilah sofa kualitas terbaik yang kamu mampu. Sofa adalah investasi besar dan kamu pasti menginginkan sofa yang tahan lama.

Ingat, sofa dengan kualitas rata-rata harus bertahan setidaknya 10 tahun, sementara sofa kelas atas harus bertahan hingga 25 tahun.

Salah satu item yang paling tidak penting untuk diketahui pada awal dekorasi ruangan adalah warna cat. Cat tersedia dalam ribuan warna dan dapat dengan mudah diubah.

Dalam kebanyakan kasus, itu harus menjadi salah satu hal terakhir yang kamu putuskan.

Selain itu, sebagai salah satu ruang paling menarik di rumah, kamu tidak perlu takut untuk mencampur furnitur yang lebih mahal dengan beberapa furnitur yang murah.

Ada banyak cara bagus untuk menghemat dekorasi, meski terkadang kamu harus berbelanja secara royal untuk dekorasi rumah tertentu.

Tata letak ruangan

Untuk beberapa alasan aneh, tata letak furnitur adalah mendorong semua furnitur ke dinding. Jika kamu berniat mengadakan pesta dansa setiap malam, lakukanlah.

Tapi, jika kamu sedang menghibur dan ingin mendorong percakapan, tarik furnitur menjauh dari dinding dan ciptakan area percakapan yang intim.

Aksesori untuk ruang tamu kamu

Permadani, bantal, dan karya seni dapat mengatur warna suatu area. Apakah ruangannya modern, kontemporer, apakah ada barang antik, atau bertema? Apakah ruangannya kaya dengan pola?

Aksesori bisa membuat pernyataan. Jika berbicara tentang permadani, mungkin kamu tidak ingin memiliki permadani yang terlalu kecil.

Ini adalah kesalahan nomor satu yang dilakukan orang saat mendekorasi ruang keluarga. Pastikan semua perabot muat di atas permadani.


Idealnya, keempat kaki dari potongan utama furnitur harus berada di atasnya, tetapi jika ini tidak memungkinkan, pastikan untuk memasang setidaknya kaki depan furnitur di permadani.

Tetapi semua kaki potongan yang lebih kecil harus di atas permadani bila memungkinkan. Gunakan bantal dengan hati-hati dan jangan berlebihan.

Bantal adalah aksen dekoratif yang bagus, tetapi jangan terlalu banyak digunakan sehingga kamu harus memindahkan semuanya dari sofa sebelum kamu duduk.

Pilih beberapa bantal yang mempercantik perabot dan tampilan ruangan secara keseluruhan. Dan jangan takut untuk berinvestasi pada beberapa bantal berkualitas tinggi.

Mereka kecil tapi memiliki pengaruh yang besar. Jangan takut untuk menghias dengan pola. Pola dapat menambah kehidupan dan karakter pada ruang tamu.

Aturan dasar dalam mendekorasi dengan pola adalah jika kamu menggunakan lebih dari satu pola, tidak apa-apa, tetapi jangan menggunakan lebih dari tiga pola dalam sebuah ruangan.

Campur skala menggunakan satu besar, satu sedang, dan satu kecil (atau kombinasi lain dari ketiganya).

Saat menggantung karya seni di sebuah ruangan, hindari kesalahan paling umum yang dilakukan orang, yakni menggantung karya seni terlalu tinggi.

Orang memiliki kecenderungan untuk menggantung seni lebih dekat ke langit-langit daripada seharusnya. Ini berlaku untuk setiap ruangan di rumah.

Gantung karya seni setinggi mata. Jelas, ini berbeda dari orang ke orang, jadi gunakan penilaianmu. Lebih baik berbuat salah pada sisi menggantungnya lebih rendah daripada lebih tinggi.

Pencahayaan ruangan

Pertimbangkan untuk menggabungkan pencahayaan di atas plafon dengan sekeliling ruang tamu. Gunakan lampu meja, lampu lantai, sconce, atau apapun yang kamu suka.

Pastikan untuk menggunakan campuran. Ini akan memberi lebih banyak cahaya sekaligus membuat ruangan dan semua orang di dalamnya terlihat lebih baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/08/200500176/anjuran-dan-larangan-yang-perlu-kamu-terapkan-di-ruang-tamu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke