Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Menggunakan Warna Netral untuk Rumah yang Nyaman dan Menyenangkan

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang kamu tinggali mencerminkan preferensi, pilihan, dan kepribadianmu. Ini semua tentang warna, pola, tepi, tekstur, dan sebagainya.

Warna membentuk jiwa interior dan harus dipilih dengan cermat. Adapun warna-warna netral adalah tren baru dalam industri desain interior.

Warna netral saat ini merupakan warna-warna lama yang dikemas dalam bentuk baru, sehingga memberikan tampilan ruang yang lebih baru.

Jadi, jika kamu berencana dekorasi rumah dengan warna netral, berikut beberapa tips yang bisa menjadi acuan untukmu, dilansir dari beberapa sumber, Rabu (7/4/2021).

Apa itu warna netral?

Dalam konteks desain interior, netral berarti tanpa warna. Warna netral seperti krem, gading, kelabu tua, hitam, abu-abu, dan corak putih tampak tanpa warna, tetapi dalam banyak penerapan rona ini sering kali memiliki rona merah.

Waspadai warna dasar ini saat kamu mencocokkan warna atau memilih cat. Misalnya, beige atau krem mungkin memiliki warna pink, cokelat, emas, atau abu-abu, yang membentuk abu-abu, warna netral yang lebih baru dan disukai.

Putih mungkin agak gading, kuning, kebiruan atau peach. Warna netral dapat digunakan dalam dekorasi dengan dua cara dasar, baik sebagai tampilan yang lembut, netral saja, tenang, atau sebagai warna latar untuk aksen dramatis.

Pada intinya, warna netral adalah karakteristik saturasi dan intensitas yang membuatnya mudah dipadukan dengan gaya atau warna apa pun.

Beige, putih, hitam, cream, ivory, dan tan adalah beberapa warna netral yang bisa terlihat cantik saat dimainkan dengan cara yang benar. Ini cukup menarik dan sempurna untuk membuat pola dan dinding pop.

Apa sajakah warna netral terbaik untuk ruang tamu?

Ruang tamu adalah salah satu ruangan populer di rumahmu dan karenanya perlu didekorasi dengan cara yang paling menarik dan mengundang orang lebih ingin tahu.


Warna-warna netral digunakan di dinding dan dapat dipadukan dengan berbagai warna dalam furnitur, aksesori, dan seni.

Jika ruang tamu mendapat sinar matahari yang lebih baik, warna dasar yang lebih dingin dan putih dapat digunakan untuk mendekorasi ruangan.

Jika ruang tamu menyala dengan pintu dan mengandalkan lampu, warna krem, kelabu tua, dan abu-abu bisa menjadi warna netral yang sempurna.

Bagaimana warna netral meningkatkan sebuah ruangan?

Warna-warna netral seperti krem lembut dan abu-abu merpati (dove grey) sangat cocok untuk mempercantik ruanganmu, karena corak ini lebih terang dan lebih cerah.

Beberapa warna lain termasuk lavender, merah muda blush, mint lembut atau light powder blue.


Warna apa yang bisa dipadukan dengan warna netral?

Menggunakan warna-warna netral bukan hanya berarti mendekorasi seluruh rumah hanya dengan warna putih dan abu-abu.

Warna-warna tersebut dapat dikombinasikan dengan warna lain untuk menciptakan tekstur dan pola juga.

Dengan beralih ke aksesori dan tekstil dengan warna berani dan pop, kamu dapat memberikan kombinasi sempurna antara warna netral dan warna lain untuk menciptakan palet hangat di rumahmu.

Apa gaya dekorasi untuk warna netral?

Warna-warna netral tidak selalu harus dipadukan dengan item dekorasi yang modern dan indah. Yang dibutuhkan hanyalah gaya yang tidak mencolok atau klasik.

Menempatkan vas alami yang terbuat dari kulit pohon, menambahkan pahatan dekorasi rumah tradisional dan sebagainya bisa menjadi ide bagus.

Jadi, bermainlah dengan warna-warna netral dan jadikan rumahmu tempat yang nyaman dan menyenangkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/04/07/135700576/tips-menggunakan-warna-netral-untuk-rumah-yang-nyaman-dan-menyenangkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke