Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Perhatikan, 4 Cara Membersihkan Rumah yang Salah

JAKARTA, KOMPAS.com - Ada begitu banyak aturan pembersihan dan beberapa telah ada selama berabad-abad tetapi waktu telah berubah, dan begitu pula pedoman tentang pembersihan.

Sebagian besar aturan pembersihan ini menjadi sebuah hal yang dianggap benar dan terus menerus dilakukan.

Dilansir dari Hunker, Jumat (13/3/2021), ada beberapa pembersihan yang bisa dilanggar dan sebenarnya salah, berikut ini. 

1. Bersihkan segalanya dengan spons

Dari cipratan minyak hingga hingga mencuci piring kotor, spons telah menjadi pembersih permukaan selama bertahun-tahun.

Namun kenyataannya, spons hanya baik selama beberapa penggunaan pertama.

Masalah dengan spons adalah bakteri, termasuk jamur dan lumut, tumbuh di spons dengan cepat.

Jika Anda adalah seseorang yang tampaknya tidak bisa berhenti menggunakan spons, pertimbangkan untuk membersihkannya di mesin pencuci piring atau microwave, tetapi perhatikan bahwa itu tidak akan membunuh 100 persen bakteri di dalamnya.

Sebagai gantinya, benda yang paling aman dan terbersih untuk digunakan untuk membersihkan permukaan adalah tisu dapur yang dapat Anda buang atau kain mikrofiber yang lebih ramah lingkungan yang dapat dimasukkan ke dalam mesin cuci dan digunakan kembali berkali-kali.

2. Semprotan debu

Semprotan debu dulunya adalah satu-satunya cara untuk menghilangkan debu dari permukaan, tetapi tidak terlalu dibutuhkan lagi, dan dapat merusak beberapa permukaan dan meninggalkan residu pada furnitur Anda.

Sebagai gantinya, gunakan tongkat pembersih debu, kain lap, atau kain pembersih mikrofiber untuk menyeka debu dan kotoran dari furnitur Anda. Mereka semua dibuat untuk menarik debu tanpa meninggalkan residu yang tidak diinginkan.

3. Mengepel lantai

Mengepel lantai Anda dengan kain pel, seember air, dan larutan pembersih dulunya adalah satu-satunya cara untuk membersihkan lantai Anda.

Sekarang, mengepel dapat merusak beberapa lantai yang menyebabkan lantai melengkung dan berubah warna.

Mengepel juga menyisakan banyak air dan produk pembersih di lantai Anda yang perlu dibilas atau dikeringkan, yang merupakan pekerjaan berat.

Daripada mengepel lantai Anda, gunakan kain mikrofiber dan larutan pembersih. Untuk lantai kayu, pembersih lantai kayu keras.

Untuk lantai ubin dan laminasi, uap adalah yang terbaik. Anda bahkan tidak memerlukan larutan pembersih apa pun untuk membuat lantai Anda sangat bersih. Pel uap ini akan membuat lantai Anda bebas goresan dan berkilau.

4. Rendam panci dan wajan yang gosong semalaman

Ketika panci terbakar dan hangus, biasanya direndam di air panas dengan sabun cuci piring, namun sebenarnya Anda bisa membuat pembersih sendiri yang lebih menghemat waktu dengan menggunakan baking soda, lemon serta garam.

Gosok di bagian yang hangus kemudian diamkan dan bilas lalu keringkan.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/12/091400676/perhatikan-4-cara-membersihkan-rumah-yang-salah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke