Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Penyebab Anjing Mogok Makan

JAKARTA, KOMPAS.com — Sebagai pemilik anjing, kita tentu ingin hewan peliharaan tumbuh dengan sehat.

Berbagai hal pun kita lakukan seperti mengajaknya bermain, memberikan tempat istirahat yang nyaman dan memerikan makanan yang bergizi.

Namun ada kalanya anjing tak mau makan, atau tak mau menghabiskan makanannya.

Hal ini tentu akan membuatmu sedih dan khawatir. Sebenarnya, anjing tidak mau makan bukan berarti ia sakit parah, ada beberapa penyebab ringan yang bisa diatasi tanpa bantuan dokter hewan.

Namun, anjing yang tidak mau makan juga bisa mengindikasikan mengidap penyakit tertentu.
“Mungkin ada jutaan penyebab, tetapi yang paling umum adalah hewan peliharaanmu sakit,” kata Lori M Teller, DVM, profesor klinis di Fakultas Kedokteran Hewan dan Ilmu Biomedis Texas A&M University, di College Station, Texas.

Tentu saja, penyakitnya dapat berupa apa saja mulai dari sakit perut ringan hingga sesuatu yang parah, seperti kanker.

Berikut adalah delapan penyebab anjing tidak mau makan, seperi dilansir dari Reader’s Digest, Minggu (7/3/2021).

1. Sakit perut ringan

Anjing mungkin tak mau makan karena merasa mual atau makan sesuatu yang tidak enak.

"Pertanda lain yang mengungkapkan bahwa ini bukanlah masalah yang seriut adalah, anjing akan pulih dan kembali ke nafsu makannya yang normal dengan cepat," jelas Megan E McClosky, DVM, dosen penyakit dalam di Fakultas Kedokteran Hewan University of Pennsylvania.

Namun, jika kamu mencurigai adanya rasa sakit lain yang mungkin dirasakan oleh anjing, ada baiknya kamu menghubungi dokter hewan.

“Anjing memiliki nafsu makan yang cukup baik, jadi jika mereka pilih-pilih makanan, terutama jika itu disertai dengan tanda-tanda kronis, seperti sesekali muntah atau sesekali diare dan tinja yang lunak, biasanya ada masalah saliran pencernaan yang mendasari yang memerlukan perhatian lebih,” jelas McClosky.


McClosky menambahkan, penyakit ini umum dialami oleh anjing disamping alergi makanan dan penyakit radag usus.

2. Anjing menderita penyakit yang lebih serius

“Penyakit menular, seperti parvovirus, atau kondisi seperti pankreatitis bisa menjadi alasan lain anjing tidak makan,” kata Teller.

Anjing bahkan mungkin menderita penyakit yang mengancam nyawa seperti dilatasi lambung dan volvulus. Ini yang menyebabkan perut melilit sehingga tidak ada makanan yang bisa lewat, atau bahkan kanker.

Jika anjing benar-benar kesakitan, dia mungkin juga akan lesu, banyak muntah, diare atau bahkan tinja berdarah, atau batuk dan bersin.

Kamu harus khawatir ketika anjing tidak berperilaku normal terutama saat dia menolak camilan atau makanan beratnya.

“Atau jika nafsu makannya bertambah dan berkurang,” ungkap McClosky.

3. Anjing menelan sesuatu

Anjing adalah pemakan yang rakus, jadi mereka sering menelan barang-barang yang seharusnya tidak dikonsumsi, seperti, mainan, bola tenis, dan bahkan tampon. Terutama jika anjing masih muda dan suka bermain.

“Salah satu petunjuk yang bisa diamati adalah jika anjing muntah atau buang air besar, plastik,” kata McClosky. Jika dia mengeluarkan semuanya, anjing mungkin akan baik-baik saja.

Tetapi jika ada anjing yang tidak mau makan dan muntah, dia mungkin mengalami gangguan pada ususnya.

Bawalah anjing ke dokter hewan, nantinya dokter akan melakukan USG untuk melihat apa yang tersangkut dalam pencernaannya dan mungkin melakukan tindakan operasi untuk mengeluarkannya.

4. Anjing kesakitan

"Anjing tak bisa menutupi rasa sakit, tetapi itu bisa menjadi alasan lain mengapa anjing tidak mau makan," jelas Teller. “Mungkin menyakitkan harus bangun dan berjalan ke tempat makan, atau berdiri atau bahkan bersandar untuk makan,” imbuhnya.

Ras tertentu, seperti dachshund dan doberman, rentan terhadap masalah leher, atau anjingmu mungkin menderita osteoartritis atau bahkan kanker.


Kamu tetap harus waspada terhadap tanda-tanda lain untuk nantinya disampaikan kepada dokter hewan. Misalnya, anjing yang terlihat pincang, tersentak saat kamu mengelusnya, atau bersembunyi.

“Jika ini adalah perilaku baru yang tidak biasa pada anjing, itu dapat membantu dokter hewan menentukan apa yang terjadi,” kata Melissa Bain, DVM, profesor perilaku hewan klinis di University of California, Davis, School of Veterinary Medicine.

5. Anjing sedang sakit gigi

“Masalah gigi dapat menyebabkan masalah makan,” kata McClosky.

“Anjing dengan masalah gigi dapat menjatuhkan kibble, mengunyah di satu sisi, atau mengeluarkan air liur secara berlebihan,” imbuhnya.

Anjing yang lebih tua lebih sering mengalami keluhan ini, terutama ras yang lebih kecil. Tetapi anjing mana pun dapat mengalami sakit gigi (atau bahkan gigi yang patah).

Teller menambahkan, pertanda lainnya yang mengungkapkan bahwa gigi anjing perlu dirawat adalah saat anjing tidak lagi tertarik pada makanan dan hanya mengendusnya saja.

“Terlalu menyakitkan untuk benar-benar menggigit dan mengunyah,” imbuh Teller

6. Makanan anjing busuk

Anjing tidak begitu pilih-pilih makanan, tetapi kadang-kadang, ketika ada sesuatu yang rusak atau busuk, mereka tidak akan menyentuhnya, kata Teller.


Bisa jadi itu adalah makanan anjing yang tidak enak atau mungkin ayam yang kamu rebus untuk anak tidak matang dengan sempurna. Bagaimana kamu tahu bahwa itulah alasan anjing tidak makan?

"Anjing akan makan camilan, tetapi tidak akan memakan makanan utamanya,” kata Teller. Jadi buanglah dan sajikan yang lain.

7. Anjing sedang manja

Saat anjing tidak mau makan, kamu mungkin akan melakukan apa saja, termasuk memberikan keju tambahan di atas makanannya agar mereka mau makan.

"Hal ini mendorong perilaku mencari perhatian di mana anjing berkata, 'Jika saya tidak makan, pemilik saya akan memberi saya sesuatu yang lebih baik'," Bain menjelaskan.

Atau kamu terbiasa berbagi makanan dengan anjing di meja makan, hal ini juga akan membuat anjing tak mau melahap makanannya sendiri dan menunggu makanan dari tanganmu.

Solusinya, setelah mendapatkan izin dari dokter hewan (dan asalkan anjing tidak memiliki masalah medis), letakkan piring makanan anjing, dan jauhkan setelah 15 menit jika dia tidak memakannya, saran Bain.

Coba lagi di malam hari, lakukan hal yang sama sampai anjing memahami perintah itu itu. Jika sisa makanan merusak nafsu makan anjing, beri dia makan pada waktu yang berbeda dan jauhkan dia dari meja saat kamu sedang makan, saran Teller.

8. Anjing sedang stres

Kecemasan akan perpisahan yang parah dapat mengurangi nafsu makan anjing.

Jika seekor anjing begitu panik ketika pemiliknya pergi, dia sering tidak makan. Ketika pemiliknya pulang, anjingnya sering menyapa pemiliknya dan kemudian bergegas ke mangkuk untuk makan.

“Hal utama yang perlu dipertimbangkan pemilik adalah jika anjingnya tidak makan pada waktu-waktu tertentu dalam sehari," tutur Bain.

Anjing berhenti makan saat mereka masuk ke kandang atau saat dititipkan pada orang lain. Cara mengatasinya, kamu dapat memberi makan anjing dengan makanan baru, dalam mangkuk atau mainan baru, atau beralih dari kering ke makanan kaleng (atau sebaliknya).

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/07/112100576/8-penyebab-anjing-mogok-makan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke