Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

7 Cara Mudah Mengharumkan Ruangan, Tanpa Bahan Kimia

JAKARTA, KOMPAS.com - Rumah yang beraroma wangi akan menciptakan suasana yang menyenangkan, menenangkan, dan menyegarkan. Namun, kerap kali bau tidak sedap, seperti bau asap, bau sampah, atau bau makanan basi juga bisa memenuhi rumah.

Jika bau tidak sedap sulit dihilangkan, Anda bisa menggunakan pengharum ruangan alami untuk membersihkan udara. Anda bisa membuatnya sendiri dan tidak memerlukan bahan kimia.

Nah, apa saja pengharum ruangan alami yang bisa menyegarkan ruangan? Dilansir dari Taste of Home, Senin (1/3/2021), berikut uraiannya.

1. Bola pomander

Penyegar udara alami dapat dengan mudah dibuat dengan menusuk buah jeruk dengan rempah-rempah, seperti cengkeh, kayu manis dan pala. Ini yang disebut dengan bola pomander.

Gantung bola pomander di lemari atau di ruangan seperti dapur untuk menangkal udara pengap atau bau tidak sedap.

2. Minyak esensial

Minyak esensial adalah salah satu pewangi alami. Selain mengisi diffuser dengan aroma favorit Anda untuk menyegarkan rumah, ada tempat lain yang bisa memanfaatkan minyak wangi manis.

Lapisi jepitan kayu dengan beberapa tetes minyak esensial, lalu tempelkan ke ventilasi udara mobil untuk menghasilkan aroma yang lebih segar dan lebih harum di kendaraan Anda.

3. Baking soda

Ada begitu banyak cara untuk membersihkan rumah dengan baking soda.


Ternyata, baking soda juga cocok untuk menutupi bau. Anda dapat membuat semprotan penyegar udara dari baking soda.

Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan baking soda dengan air dalam botol semprot kecil. Soda kue mungkin tidak memiliki bau seperti parfum, tetapi akan menyerap bau yang tidak diinginkan dan membuatnya hilang sama sekali.

4. Kopi

Baik Anda menyeduh kopi sendiri atau sering nongkrong di kafe, tidak dapat disangkal manfaat minum kopi setiap hari. Selain memberi kita semangat bekerja, kopi juga berfungsi sebagai penyegar udara alami.

Jika ruangan sangat bau, letakkan mangkuk berisi kopi yang baru digiling di sekitar area ruangan. Pastikan untuk meletakkan mangkuk secara strategis, seperti di atas ventilasi lantai agar aromanya lebih cepat menyebar ke seluruh ruangan.

Aroma bubuk kopi akan menghilangkan bau tidak sedap.

5. Cuka

Seringkali Anda mencium bau yang tidak sedap di kamar mandi atau toilet. Cuka adalah cairan yang tidak hanya akan menghilangkan jenis aroma ini, tetapi juga menjaga udara sebersih mungkin.

Tempatkan cuka dalam cangkir atau mangkuk, biarkan selama beberapa jam di area yang terkontaminasi.

Asam asetat akan mendisinfeksi udara dan menyingkirkan bakteri sekaligus menghilangkan bau busuk yang mencoba menempel di sekitar. Berikut cara membersihkan dengan cuka.

6. Tanaman hias

Meletakkan bunga segar di setiap ruangan tentunya akan menambah aroma harum rumah Anda. Tapi karangan bunga itu bisa mahal.

Untuk pilihan yang lebih hemat biaya, gunakan beberapa tanaman rumah yang wangi, seperti melati atau lavender. Di dapur, letakkan berbagai tanaman herbal seperti mint atau rosemary untuk menghilangkan bau.


7. Lilin alami

Lilin memiliki dua tujuan, yakni mengurangi bau dan memberi rumah Anda cahaya yang nyaman dan mengundang.

Carilah varietas alami yang dibuat dengan lebah, kelapa atau lilin kedelai, dan beraroma minyak esensial.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/03/02/071700376/7-cara-mudah-mengharumkan-ruangan-tanpa-bahan-kimia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke