Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

6 Tanaman Hias yang Mampu Menyegarkan Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Merawat tanaman hias jangan cuma karena ikut-ikutan tren. Perlu disadari, tanaman hias juga memiliki banyak manfaat.

Selain menjadi elemen dekorasi rumah yang menarik, tanaman hias dalam ruangan atau tanaman hias indoor juga mampu menyegarkan udara di dalam ruangan di rumah.

Dilansir dari The Spruce, Senin (22/2/2021), tanaman hias indoor menyegarkan interior rumah dengan menghilangkan racun dari udara, menambahkan kelembaban ke lingkungan yang kering, dan melengkapi semua jenis dekorasi dengan tekstur dan warna yang menarik.

Berikut ini beberapa tanaman hias yang mampu menyegarkan ruangan di rumah Anda.

1. Baby tears

Tanaman baby tears atau Soleirolia soleirolii memang tampak rapuh. Namun, tanaman hias ini sebenarnya tangguh.

Tidak terpengaruh oleh kondisi cahaya redup yang umum terjadi di sebagian besar rumah, baby tears akan tumbuh dan menyebar membentuk tikar yang bagus di wadah dengan diameter berapa pun.

Cobalah tempatkan tanaman ini sebagai penutup tanah di pangkal pohon kecil sebagai pengganti mulsa.

Skala daun baby tears juga tepat untuk pengaturan terarium.

Jaga tanaman Anda tetap lembab untuk pertumbuhan terbaik. Jika Anda tanaman ini layu, maka segera lakukan penyiraman.

2. String of pearls

String of pearls atay Senecio rowleyanus adalah tanaman yang subur dan membutuhkan cahaya tinggi dan tanah dengan drainase yang baik untuk berkembang.


Jika teman Anda menyukai tanaman asli Afrika ini, Anda dapat memperbanyak tanaman dengan stek dan memberikannya sebagai hadiah. Tanaman ini paling cocok dijadikan tanaman gantung.

3. Air plant

Genus Tillandsia adalah jawaban untuk orang-orang yang menyukai tanaman hias tetapi malas berurusan dengan tanah.

Cukup celupkan tanaman ini sesekali di bawah keran di mana tanaman udara yang dapat beradaptasi menggunakan sisik khusus pada daunnya untuk mengambil kelembaban.

Tidak adanya tanah memberikan banyak peluang tampilan yang kreatif, baik memasangnya di atas kayu apung, menyusunnya dalam bola kaca, atau bertengger di atas cangkir teh.

Berikan cahaya filter yang terang dan penyiraman mingguan, tanaman ini dapat menghasilkan anakan atau bahkan bunga.

4. Rex begonia

Dengan daun berbentuk ivy dan pola warna kaca patri, rex begonia menambah keanggunan dan rasa misteri pada ruangan mana pun yang mereka tempati.

Banyak rex begonia memiliki rambut berwarna merah atau ungu yang tumbuh melimpah di daun dan batangnya, menambah kepribadian tanaman yang menyukai naungan ini.

Rex begonia menyukai kelembanan biasa, tetapi Anda tidak boleh membiarkannya di pot yang basah.

5. Anggrek bulan

Anggrek memiliki reputasi sebagai tanaman rewel yang membutuhkan perawatan khusus, namun anggrek bulan tidak lebih sulit untuk tumbuh dibandingkan tanaman hias lainnya.

Yang diderita banyak anggrek adalah terlalu banyak sinar matahari, terlalu banyak air, atau terlalu banyak pupuk.

Anggrek adalah tumbuhan epifit yang tumbuh bersarang di dahan pohon, tempat bercahaya belang-belang dan air mengalir dengan bebas.

Berikan media tanam kulit kayu yang ringan dan tebal, dan Anda akan berada di jalur yang benar menuju bulan-bulan mekar.

6. Lidah mertua

Udara keringdan beberapa penyiraman yang dilewati tidak akan merusak tanaman yang kuat ini.

Umumnya dikenal sebagai lidah mertua, tanaman sanseviera menangani kondisi cahaya redup dengan baik, tetapi menampilkan variasi yang lebih cantik dengan sedikit sinar matahari.

Tanaman lidah mertua terlihat mencolok jika ditanam berjajar, seperti pagar dalam ruangan. Daunnya menarik racun keluar dari udara seperti orang gila, jadi letakkan di ruangan yang mungkin terpapar polusi.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/22/194000576/6-tanaman-hias-yang-mampu-menyegarkan-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke