Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

8 Cara Membuat Rumah Tampak Mahal dan Mewah

JAKARTA, KOMPAS.com - Merenovasi atau mendekorasi rumah bukan hanya bertujuan untuk membuat rumah terasa nyaman dan indah untuk dihuni. Beberapa pemilik rumah juga ingin memberikan kesan mahal dan mewah pada rumah.

Anda juga bisa membuat rumah Anda tampak mahal dan mewah, bahkan tanpa perlu merogoh kantong dalam-dalam. Anda juga tidak perlu merombak besar-besaran rumah Anda.

Sebaliknya, fokuslah pada beberapa fitur penting dan benda-benda di rumah yang akan menambah kesan mahal dan mewah di rumah.

Dilansir dari Better Homes and Gardens Australia, Senin (8/2/2021), berikut ini beberapa cara membuat rumah tampak mahal dan mewah.

1. Tambahkan moulding dan panel

Jika dinding di dalam rumah Anda cenderung polos, Anda dapat menambahkan moulding dan panel seperti lis dinding.

“Ini bahkan tidak harus moulding bergaya Victoria yang mencolok, cetakan sederhana dan satu bentuk, dengan satu kedalaman akan berhasil,” kata desainer interior Erica Leigh Reiner, pemilik E Leigh Designs.

2. Pajang benda seni di dinding

Punya dinding kosong? Beri nuansa dan warna dengan memajang benda seni, misalnya lukisan yang berkarakter dan sesuai kepribadian Anda.

"Pastikan benda seni yang Anda pilih memiliki ukuran dan skala yang tepat untuk dinding yang Anda dekorasi, dan ingat Anda tidak memerlukan karya seni di setiap dinding kosong," jelas Keysha Jillian, kepala desainer interior dan pemilik K Jillian Designs.

Menurut Jillian, jika Anda merasa kreatif, cara terbaik untuk mendapatkan karya seni yang murah adalah dengan membuatnya sendiri.

Pergilah ke toko alat lukis atau kerajinan dan Anda dapat menemukan semua yang Anda butuhkan untuk membuat kanvas yang indah atau karya seni kustom berbingkai.

3. Ganti bantal sofa dan handuk yang sudah usang

Pikirkan barang-barang mewah yang akan Anda temukan di hotel mewah, seperti bantal sofa empuk dan handuk mewah yang rapi.


“Pajanglah handuk putih bersih dan lembut seperti yang biasa Anda temukan di hotel atau spa mewah. Ini akan segera memicu perasaan untuk tamu Anda, dan mereka akan memiliki perasaan bahwa ruang tersebut mewah," ujar Drew Henry, pendiri perusahaan desain Design Dudes.

4. Ganti gagang, kenop, dan pegangan

Tingkatkan penampilan dapur dengan mengganti gagang, kenop, atau pegangan pada pintu, laci, atau lemari dapur. Untuk hasil akhir seperti layaknya rumah mewah yang didekorasi oleh desainer interior, pilih gagang atau pegangan dari bahan kulit, keramik, dan logam buatan tangan.


5. Sorot fitur arsitektur

Lihatlah ke sekeliling rumah Anda untuk fitur yang sudah ada sebelumnya seperti cetakan, balok ekspos, built-in khusus dan langit-langit. Ini adalah fitur-fitur yang menambah nilai rumah Anda.

Gunakan pencahayaan untuk memamerkan fitur tersebut, dan jaga agar area sekitarnya tetap bersih dan bebas dari berantakan atau tumpukan barang.

6. Karpet besar

Ubah tampilan ruangan yang tampak biasa dan lengkapi furnitur Anda dengan karpet besar.

"Karpet membantu mengelompokkan furnitur, menentukan ruangan, dan menambah minat pada suatu area. Disarankan agar semua furnitur Anda diletakkan di area karpet, tetapi paling tidak, pastikan kaki furnitur Anda menyentuh sebagian karpet," saran Jillian.

7. Warna dinding netral

Rumah dengan warna dinding yang mencolok akan membuatnya tampak murahan dan mematikan minat tamu atau bahkan pembeli potensial rumah Anda.

Main aman dan pertahankan warna dinding netral klasik seperti krem, abu-abu, putih, dan putih pudar.

8. Cermin besar

Ciptakan ilusi ruang dengan beberapa penempatan cermin yang strategis. Anda dapat menggandakan ukuran ruang Anda dengan cermin besar, dan ini juga akan mendatangkan lebih banyak cahaya ke dalam rumah Anda.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/08/113100776/8-cara-membuat-rumah-tampak-mahal-dan-mewah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke