Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tak Hanya Tisu dan Pembalut, Jangan Buang 13 Benda Ini ke Dalam Kloset

JAKARTA, KOMPAS.com - Kloset merupakan benda terpenting yang selalu ada hampir di setiap kamar mandi atau toilet sebuah bangunan manapun, baik itu rumah, gedung, fasilitas umum dan lain-lain.

Entah itu kloset jongkok atau kloset duduk, kegunaan utama perlengkapan kamar mandi ini adalah sebagai tempat pembuangan kotoran, yaitu urin dan feses.

Meski menjadi tempat pembuangan, itu bukan berarti kamu bisa membuang segala sesuatu ke dalam kloset, karena itu bisa berakibat mampet hingga membuat kerusakan saluran pipa.

Mungkin kamu sudah familiar bahwa benda-benda yang tidak boleh dibuang ke dalam kloset adalah tisu, pembalut atau popok. Sebagian besar toilet umum sering memberi peringatan ini.

Tapi, bukan hanya itu saja, karena masih banyak lagi benda-benda yang tidak boleh dibuang ke dalam kloset.

Dilansir dari beberapa sumber, Sabtu (6/2/2021), berikut ini beberapa benda yang tidak boleh dibuang ke dalam kloset kamar mandi.

1. Makanan

Semua jenis makanan apapun dilarang untuk dibuang ke kloset, tidak peduli seberapa lembutnya. Hal yang sama berlaku untuk sisa potongan makanan, kulit, tulang atau sambal yang ingin kamu singkirkan.

Kloset tidak memiliki pipa yang terhubung dengan tempat pembuangan sampahmu. Jadi, buang ke tempat sampah atau jadikan sebagai kompos.

2. Kotoran kucing

Meski sama-sama kotoran, itu bukan berarti kotoran kucing bisa dibuang ke dalam kloset, karena jenis dan teksturnya tidak sama seperti kotoran manusia.

Membuang kotoran kucing ke dalam kloset dapat memasukkan parasit yang berpotensi berbahaya ke dalam sumber air.

Kotoran kucing akan tetap ada di pipa, menolak untuk larut dengan mudah dan berinteraksi dengan buruk dengan sistem saluran pembuangan.


3. Lemak, minyak, pelicin

Lemak, minyak, dan pelicin bisa menjadi masalah khusus untuk saluran pembuangan. Mereka dapat menghalangi kotoran lewat, menyebabkan penyumbatan.

Meskipun bahan-bahan ini berbentuk cair, mereka dapat mengeras dan menempel pada lapisan interior pipa, menurut American Water.

4. Tampon

Kloset sering kali merupakan pilihan praktis untuk menyingkirkan tampon tapi itu merupakan ide yang buruk. Tampon dapat dengan mudah membuat penyumbatan jauh di dalam pipa dan tidak boleh dibilas.

5. Benang gigi

Ya, bahkan benda kecil seperti benang gigi dapat menyebabkan masalah pada saluran kloset. Benang gigi berserabut, mereka tidak larut dan dapat menyatu di sekitar objek lain untuk membentuk penumpukkan yang lebih besar.

6. Apapun yang terbuat dari kapas

Ini termasuk penyeka kapas, bola kapas, cutton bud dan produk terkait lainnya. Kapas sangat baik dalam menyerap air, tetapi tidak mudah rusak.

Menurut Hubbard Plumbing di New York , hal ini dapat menyebabkan penyumbatan dan bahkan pipa bengkok atau putus.


7. Puntung rokok

Tidak sedikit perokok begitu menikmati merokok sambil buang air besar di kamar mandi atau toilet. Karena tidak ada asbak, lubang kloset dianggap menjadi pilihan paling tepat untul membuang puntung rokok.

Padahal, rokok adalah barang limbah lain yang dapat memasukkan bahan kimia yang berpotensi berbahaya ke dalam sistem air dan membahayakan satwa liar.

Ditambah lagi, puntung rokok tidak selalu terbuang percuma setelah disiram, meninggalkan bau yang tidak menyenangkan bagi orang berikutnya yang menggunakan toilet. Setelah memadamkannya dengan aman, buang rokok ke tempat sampah.

8. Rambut

Jika kamu mengumpulkan potongan rambut yang rontok dari lubang air kamar mandi atau wastafel maupun bak mandi, jangan membuangnya ke kloset. Itu hanya memindahkan sumbatan dari satu bagian pipa ke pipa lainnya.

9. Permen karet

Air tidak melakukan apa pun untuk menghilangkan permen karet, sehingga cenderung menempel. Secara harfiah, kamu telah membahayakan saluran pipa.

10. Obat-obatan

Jika kamu memiliki obat tablet atau pil yang sudah kedaluwarsa atau sudah tidak menginginkannya di rumah, hancurkan dan buang pada tempat sampah.

Jika tidak, bahan kimia kuat pada obat akan masuk ke sistem saluran pembuangan, bahkan air tanah, sehingga dapat menyebabkan kerusakan yang tak terhitung.

11. Kondom

Kondom juga tidak dirancang untuk terurai di dalam air, jadi jika dibuang ke dalam kloset, maka dapat menyebabkan penyumbatan di pipa dan septic tank.

12. Plastik

Kamu tidak bisa membuang plastik apapun ke dalam kloset, sekalipun itu jenis ramah lingkungan. Plastik tidak larut dan dapat menyebabkan banyak masalah pada pipa.

13. Pemutih

Ini mungkin yang paling mengejutkan, karena kamu mungkin terbiasa membersihkan kloset dengan pemutih.

Pemutih sebenarnya adalah bahan kimia yang terlalu keras untuk kloset dan sistem septic tank. Daripada berfokus pada membersihkan noda dengan pemutih, kamu mungkin ingin mempertimbangkan untuk menggunakan cuka.

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/06/124300376/tak-hanya-tisu-dan-pembalut-jangan-buang-13-benda-ini-ke-dalam-kloset

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke