Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Simak, Ini Perawatan Kucing Bulu Pendek, Sedang, dan Panjang

JAKARTA, KOMPAS.com - Sangat penting untuk memastikan kucing peliharaan dirawat dengan baik dan bersih, sehingga mereka bisa tumbuh dengan sehat.

Namun, yang harus diperhatikan adalah mengetahui dengan jelas jenis kucing yang dirawat, karena perawatan kucing berbeda-beda sesuai dengan jenisnya, misalnya kucing berbulu panjang dan pendek.

Dilansir dari Pet Helpful, Kamis (4/2/2021), untuk merawat kucing peliharaan tergantung pada panjang dan pendek bulunya.

Bulu Pendek

Untuk merawat kucing bulu pendek, Anda hanya harus menyikatnya secara sederhana untuk menyingkirkan kotoran yang ada di bulu kucing.

Namun, kucing berbulu pendek biasanya mengalami kerontokan juga, sehingga Anda perlu menyedot debu di beberapa furnitur di dalam rumah seperti karpet agar tidak berkumpul di dalamnya. Untuk memberikan perawatan yang baik, gunakan sisir halus dan panjang giginya sama.

Kemudian, kucing berbulu pendek lebih bersih saat setelah membuang kotorannya karena jarang menempel di bulu mereka. Sehingga tidak memerlukan perawatan ekstra untuk hal ini.

Bulu Sedang

Berbeda dengan kucing berbulu pendek, kucing berbulu sedang ini tentunya memiliki perawatan yang agak sulit karena akan mengalami kerontokan yang lebih parah dibanding dengan kucing bulu pendek.

Sama halnya dengan kucing berbulu pendek, gunakan sisir halus dengan panjang gigi yang sama agar mengurangi kerontokannya.

Namun, sayangnya kucing berbulu sedang, rentan terkena kotoran yang menempel di bulu mereka, semakin sedikit bulu yang kusut semakin sedikit juga kotoran yang menempel di bulu mereka.

Beberapa pemilik bahkan akan memangkas ekor atau pantat kucingnya agar tidak mengganggu.

Bulu Panjang

Kucing berbulu panjang memiliki perawatan yang lebih ekstra, gunakan sikat pembersih untuk membersihkannya dari kotoran yang menempel.


Disarankan untuk memandikan kucing berbulu panjang dengan lembut, karena apa pun yang terlalu kasar akan mengikat bulunya kembali dan akhinya menjadi kusut.

Mandikan kucing Anda sebulan sekali, dan pastikan untuk menyeka area sekitar matanya, terutama pada kucing yang mungkin memiliki lebih banyak noda mata daripada yang lain.

Untuk sisir kucing bulu panjang dianjurkan memilih sisir keras yang tidak memiliki panjang tidak rata sehingga bisa mencapai semua bulu.

Sama halnya dengan kucing berbulu sedang, saat membuang kotoran, kucing berbulu panjang harus dibersihkan setelahnya karena rentan terhadapa kotoran yang menempel di bagian belakangnya. 

https://www.kompas.com/homey/read/2021/02/04/172533176/simak-ini-perawatan-kucing-bulu-pendek-sedang-dan-panjang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke