Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kenapa Ada Bunga Es di Kulkas? Kenali 4 Penyebabnya

JAKARTA, KOMPAS.com - Pernah mengalami ada bunga es di freezer kulkas Anda? Munculnya bunga es di kulkas berarti temperatur atau suhu di dalam kulkas terlalu rendah.

Namun demikian, ada beberapa penyebab lain munculnya bunga es di freezer kulkas.

Dilansir dari SF Gate, Senin (14/12/2020, berikut sejumlah penyebab munculnya bunga es di freezer kulkas dan cara mengatasinya.

1. Suhu terlalu rendah

Periksa manual untuk model kulkas Anda dan pastikan suhu freezer tidak dipasang di bawah 1,6 derajat celcius. Pengaturan suhu biasanya berada di dinding atau langit-langit kompartemen freezer.

Setel suhu kulkas ke suhu yang lebih tinggi, dan tunggu untuk melihat apakah masalah bunga es teratasi.

2. Gasket freezer bocor

Karet yang mengelilingi lemari es dan pintu freezer membentuk segel yang rapat ketika pintu ditutup disebut gasket. Seiring berjalan waktu, gasket ini bisa mengering dan retak atau rusak.

Jika gasket rusak, pintu kulkas selalu tampak seperti terbuka sebagian. Udara lembab di dalam rumah ditarik ke kulkas dan kelembahan di udara segera mengembun di dinding dan langit-langit kulkas, membentuk tetesan air kecil.

Tetesan air ini kemudian membeku, membentuk embun beku. Kulkas dan freezer modern memiliki mekanisme pencairan es otomatis, tetapi gasket yang bocor dapat menyebabkan lebih banyak embun beku terbentuk daripada yang dapat dihilangkan oleh kulkas.

Perbaiki atau ganti gasket seperlunya untuk menyelesaikan masalah bunga es.

3. Masalah pada makanan

Memasukkan kelembaban apa pun ke kulkas atau kompartemen freezer dapat berkontribusi pada pembentukan embun beku.

Wadah terbuka berisi cairan yang ditempatkan di dalam kulkas dapat menyebabkan terbentuknya embun beku, karena air di dalam wadah menguap ke dalam kompartemen kulkas dan mengembun di dinding dan rak.


Pastikan semua makanan tertutup rapat dalam wadah atau kantong, dan tidak ada yang lebih hangat dari suhu ruangan yang dimasukkan ke dalam kulkas atau freezer.

4. Masalah pada mekanisme pencairan

Sistem self-defrosting menggunakan pemanas kecil untuk memanaskan koil refrigeran di dalam kulkas dan freezer secara teratur. Sedikit peningkatan suhu ini mencairkan embun beku yang terbentuk di dinding dan rak, dan air ini dialirkan ke dalam wadah pembuangan.

Jika saluran pembuangan ke wadah itu tersumbat, akan ada masalah dengan pembentukan embun beku. Lepaskan wadah di bagian depan bawah kulkas, dan lepaskan sekrup yang menahan di wadah pembuangan.

Tarik wadah dan bersihkan secara menyeluruh. Buka kompartemen kulkas dan freezer, dan cari saluran pembuangan di dalam kompartemen kulkas dan freezer.

Larutan cuka dan air hangat yang dituangkan ke saluran pembuangan membantu memastikan saluran bebas dari penyumbatan es, dan mengalir dengan baik.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/14/131200176/kenapa-ada-bunga-es-di-kulkas-kenali-4-penyebabnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke