Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Manfaat Pemutih, Bersihkan Mainan hingga Noda Kopi pada Cangkir

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemutih adalah salah satu produk rumah tangga yang penting dimiliki di rumah. Produk ini mampu menangani pakaian yang terkena kelunturan. 

Namun, tahukah Anda bahwa pemutih juga memiliki manfaat selain untuk mencuci pakaian. Pemutih pun merupakan bahan pembersih yang ampuh untuk berbagai keperluan. 

Memang, sebagian orang takut menggunakan pemutih karena dikhawatirkan bisa merusak atau terlalu kuat untuk permukaan tertentu. Meskipun penggunaan pemutih harus cermat, namun pemutih juga bisa diencerkan, sehingga aman untuk sebagian besar permukaan dan bahan. 

Dilansir dari Home Hacks, Rabu (9/12/2020), berikut sejumlah manfaat pemutih yang perlu Anda ketahui.

1. Mendesinfeksi handuk

Selain dicuci dengan deterjen, ada baiknya handuk juga didesinfeksi untuk memastikannya bebas dari kuman dan bakteri. Caranya, gunakan pemutih saat mencuci handuk dengan mesin cuci Anda. 

2. Membersihkan kloset

Tentu saja, kloset sangatlah kotor dan penuh dengan kuman. Bersihkan kloset dengan menggunakan pemutih, gosok hingga bersih. 

Anda juga bisa menggunakan pembersih kloset yang mengandung pemutih.

3. Membersihkan mainan bayi

Bayi suka memasukkan benda-benda ke dalam mulut mereka, bahkan mainan. Namun, pernahkah Anda menyadari berapa kali bayi menjatuhkan mainan ke lantai? 

Bersihkan mainan dengan merendamnya ke dalam wadah berisi campuran pemutih dan air dengan skala 50:50. Rendam selama semalaman. 

Kemudian, bilas hingga bersih sebelum diberikan ke bayi.


4. Membersihkan nat keramik

Nat keramik bisa sangat kotor dan penuh dengan kuman. Anda bisa membersihkannya dan membuatnya kembali putih dengan menggunakan pemutih. 

Caranya, tuangkan pemutih pada nat dan gosok dengan sikat. 

5. Membersihkan kandang anjing

Kandang anjing seringkali menimbulkan bau yang kurang sedap dan tentu saja mengandung banyak kuman dan bakteri. Lakukan pembersihan kandang anjing dengan campuran air dan pemutih. 

Bilas hingga bersih sebelum kembali menempatkan anjing di dalam kandang. 

6. Menghilangkan noda kopi dan teh pada cangkir

Jika Anda gemar minum kopi atau teh di rumah, barangkali Anda memperhatikan ada noda lingkaran pada cangkir. Anda tidak bisa menghilangkan noda teh dan kopi ini dengan mencuci menggunakan sabun cuci piring biasa.

Namun, Anda bisa menggunakan pemutih. Caranya, tambahkan pemutih pada air ketika mencuci cangkir. Pastikan Anda membilasnya hingga bersih.

7. Mendesinfeksi peralatan berkebun

Anda bisa memindahkan penyakit dan parasit ke tanaman dengan peralatan berkebun Anda. Sebagian besar orang tidak berpikir pentingnya mendesinfeksi peralatan berkebun. 

Namun demikian, tidak ada salahnya melakukannya secara rutin. Caranya, rendam peralatan berkebun dalam wadah berisi pemutih dan air selama semalaman untuk membunuh kuman.

8. Membersihkan tempat sampah

Ya, tentu saja tempat sampah kotor dan penuh kuman. Bersihkan tempat sampah setiap seminggu sekali dengan campuran air dan pemutih. 

Anda pun bisa menggunakan pemutih saja untuk menghilangkan kotoran jika diperlukan. Ini akan membantu menghilangkan bau dan mencegah penyebaran kuman. 

9. Menghilangkan jamur pada dinding

Jamur pada dinding yang lembab tentu meresahkan. Anda bisa menghilangkannya dengan menyemprotkan pemutih pada jamur.


Anda mungkin harus menyemprotkan berkali-kali hingga jamur benar-benar hilang. 

10. Membersihkan talenan

Anda menggunakan talenan untuk memotong daging dan bahan makanan lainnya. Barangkali kemudian Anda tidak membersihkan talenan secara menyeluruh. 

Pencucian biasa dengan menggunakan sabun cuci piring tidak cukup untuk membunuh bakteri dan kuman yang menempel pada talenan. Oleh sebab itu, gunakanlah pemutih. 

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/09/181800576/10-manfaat-pemutih-bersihkan-mainan-hingga-noda-kopi-pada-cangkir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke