Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Pencahayaan Paling Baik untuk Kamar Tidur

JAKARTA, KOMPAS.com - Pencahayaan dalam kamar tidur, dapat membuat lebih cantik dekorasi kamar tidur, namun pencahayaan yang salah membuat dekorasi kamar menjadi lebih buruk.

Dilansir dari Ideal Home, Selasa (8/12/2020), pencahayaan kamar tidur yang dipilih tergantung pada ukuran dan desain kamar serta gaya dekorasi yang disukai.

Di ruangan yang sangat kecil, lampu yang digantung merupakan opsi yang paling baik daripada penggunaan lampu meja.

Sebab, dalam ruangan kecil, tidak dapat menampung banyak furnitur seperti meja, dan ini akan menghemat ruang.

Dalam skema yang lebih tradisional, lampu dinding berdesain tempat lilin klasik dengan nuansa kaca mungkin bisa menjadi pilihan tepat daripada gaya lampu bermaterial stainless steel.

Kamar tidur yang lebih besar secara alami akan menggunakan lampu yang lebih besar. Anda bisa meletakkan lampu ini di sudut kepala tempat tidur atau meja samping tempat tidur.

Untuk memberikan kesan yang berbeda, Anda bisa meletakkan lampu sorot di headboard, sehingga bisa menjadi lampu baca juga.

Jenis pencahayaan

Ada tiga jenis pencahayaan yang perlu diperhatikan yaitu pencahayaan ambient atau nuansa, aksen, dan fungsi.

Pencahayaan ambien memiliki fungsi yang sama seperti sinar matahari alami, menerangi seluruh kamar tidur Anda. 

Adapun pencahayaan aksen menonjolkan fitur visual dan pencahayaan fungsi menjadikan Anda nyaman saat membaca atau melakukan aktivitas lainnya yang membutuhkan cahaya.

Selain ketiga jenis pencahayaan tersebut, sebagian besar kamar tidur membutuhkan lampu gantung.

Lantas, pencahayaan seperti apa yang cocok untuk diletakkan di dalam kamar tidur? Berikut pilihannya. 

Lampu dinding

Jika Anda tidak memiliki ruang untuk lampu samping tempat tidur, pertimbangkan untuk memilih lampu yang ditempel di dinding.

Lampu ini akan memancarkan cahaya nyaman di atas tempat tidur di malam hari, serta memberikan cukup cahaya untuk membaca.

Lampu gantung hias

Untuk memberikan nuansa yang unik, lampu gantung hias bisa menjadi pilihan. Selain sebagai pencahayaan, lampu ini juga bisa dijadikan elemen dekorasi dalam kamar tidur. Kumpulan lampu ini akan berkelap-kelip seperti bintang di malam hari.

Lampu meja

Jika Anda memiliki meja di samping tempat tidur, lampu meja berkap bisa menjadi pilihan yang cocok. Pilih kap lampu sesuai dengan dekorasi kamar Anda, misalnya motif pola bunga yang bisa membuat kamar semakin cantik.


Lampu gantung

Lampu gantung pada plafon bisa menjadi pilihan untuk kamar dengan luasan terbatas. Selain itu, dengan jenis pencahayaan ini ruangan akan lebih terlihat lebih terang di segala sudut.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/08/070400176/tips-pencahayaan-paling-baik-untuk-kamar-tidur

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke