Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Meletakkan Pohon Natal di Ruangan

JAKARTA, KOMPAS.com - Memilih pohon natal asli merupakan salah satu tradisi menyambut hari Natal yang sayang dilewatkan.

Pohon natal sendiri adalah elemen dekorasi khas dalam perayaan hari natal.

Namun, tak hanya memilih pohon natal saja, yang harus diperhatikan adalah dalam mendekorasi dan meletakkannya di dalam rumah.

Dilansir dari Better Homes & Gardens, Sabtu (5/12/2020), setelah membeli pohon natal harus memikirkan di mana akan diletakkan.

Hindari meletakkan pohon natal dekat dengan sumber panas seperti perapian, ventilasi pemanas, bahkan televisi atau jendela.

Perhatikan Dimensi Ruang dan Pohon

Selanjutnya, Anda perlu mengukur dimensi ruang pohon tersebut dan dimensi ruang yang akan diletakkan pohon natal. Sebab, pohon natal memiliki penyangga pohon yang akan menambah beberapa inci ekstra.

Selain itu, Anda harus memperkirakan tinggi aksesori pohon natal seperti bintang, dan pernak-pernik lainnya. Berikan jarak sekitar 12 inci dari langit-langit.

Selain itu, jangan meletakkan pohon natal di area yang memiliki lalu lintas yang tinggi, letakkan pohon natal di dekat sofa (jangan terlalu di sudut ruangan) sehingga tidak membuat sempit ruangan. 

Setiap spesies pohon berbeda, jadi untuk menemukan jenis pohon natal terbaik, harus menyesuaikan dengan kebutuhan dan luas ruangan Anda.

Misalnya jika Anda memiliki anak lebih condong ke arah pinus yang memiliki daun atau jarum lembut daripada pohon cemara yang memiliki jarum tajam yang dapat membuat sakit ketika disentuh.

Jenis Pohon Natal

Selain itu, hal yang perlu diperhatikan saat memilih pohon natal adalah jenis, warna hingga nuansa pohon.

Beberapa pohon berwarna hijau tua dan lainnya berwarna abu-abu atau putih. Ada pohon yang memiliki pola percabangan rapat dan juga ada yang memiliki lebih banyak ruang.

Carilah pohon yang bercabang rapat dengan bentuk, warna, dan wangi yang bagus. Batangnya harus lurus (atau hampir sama) dan tidak boleh lebih dari dedaunan.

Setelah menetapkan pohon natal diletakkan dimana, periksalah seluruh angle-nya, apakah pohon sudah tepat diletakkan di area tersebut.

Untuk menemukan pohon Natal terbaik yang bertahan dapat lama, pegang bagian dalam cabang dengan lembut dan tarik tangan ke arah Anda.

Cara lainnya, ketuk perlahan ujung pohon yang jika beberapa jarum jatuh, seharusnya baik-baik saja. Jika banyak jarum yang rontok, carilah pohon lain.

Beberapa jenis pohon Natal akan berubah dari hijau tua dan kaya menjadi hijau kelabu kusam jika terlalu kering.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/12/05/163240776/hal-yang-harus-diperhatikan-saat-meletakkan-pohon-natal-di-ruangan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke