Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ingat, Kucing yang Divaksin Belum Tentu Terhindar dari Panleukopenia

Virus ini menyebar dan menyerang kelenjar pertahanan tubuh kucing, lalu merusak saluran pencernaan, seperti rusaknya vili usus alias usus halus.

Seekor kucing yang terinfeksi FPV akan memiliki gejala berupa demam sangat tinggi, tidak nafsu makan, muntah, diare, dehidrasi atau penurunan jumlah sel darah putih secara tajam.

Jika gejala di atas terus-menerus terjadi, maka kucing akan mati. Pada anak kucing yang baru lahir virus ini akan menyerang perkembangan cerebellum atau otak kecil, sehingga menyebabkan kelainan saraf.

Sampai saat ini belum ada obat untuk mengatasi FPV. Guna mencegah kucing tertular feline panleukopenia virus, mereka harus diberikan vaksin agar memiliki kekebalan tubuh yang kuat.

Biasanya vaksin yang diformulasikan untuk mencegah penularan FPV adalah kombinasi feline herpesvirus tipe 1 (FHV-1) dan feline calicivirus (FCV).

Yang menjadi pertanyaan adalah, apakah pemberian vaksin pada kucing dapat sepenuhnya menghindari mereka tertular dari virus FPV?

Terkait hal tersebut, seorang pencinta dan penyelamat kucing, Dewi Fitriani memberikan jawabannya ketika dihubungi Kompas.com, Kamis (12/12/2020).

"Sebenarnya sih pentingnya vaksin yaitu bukan untuk mencegah, tapi untuk mengurangi saja. Mengurangi kemungkinan kematian si kucing," jelas Dewi.

Dewi mengatakan demikian berdasarkan pengalaman yang banyak dilaluinya soal FPV. Sudah ratusan lebih kucing miliknya mati akibat virus tersebut.

Terlebih ia mengatakan bahwa belum lama ini kucing milik temannya juga terkena panleukopenia setelah melakukan vaksin yang kedua. Hal tersebut membuat kucing temannya dirawat inap di klinik hewan.

Meski begitu, gejala FPV pada kucing yang sudah diberi vaksin tidak separah dengan kucing yang belum divaksin. Oleh karenanya, bisa saja si kucing yang telah divaksin dapat bertahan hidup.


"Obatnya cuma untuk meningkatkan imun aja sih, hanya itu aja. Kuat-kuatan imun si kucing saja. Dokter bilang bahwa ini tuh virusnya memang mematikan, jadi dokter pun tidak akan memberikan garansi 100 persen begitu masuk ke klinik itu akan sembuh, enggak," jelas Dewi.

Selanjutnya, Dewi mengatakan kalau kucing yang rentan terkena FPV adalah stray cat, alias kucing jalanan, kucing kampung, maupun kucing terlantar yang tidak divaksin.

"Yang lebih rentan lagi (terinfeksi FPV) kucing ras itu lebih rentan. Kayak anggora, persia, main coone lebih rentan dibanding lokal atau domestik," tutur Dewi.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/13/193300976/ingat-kucing-yang-divaksin-belum-tentu-terhindar-dari-panleukopenia

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke