Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips Memilih Karpet untuk Mempercantik Rumah

JAKARTA, KOMPAS.com - Selain memadukan warna dinding dengan berbagai furnitur dan aksesori, karpet juga bisa menjadi pilihan mempercantik ruangan di dalam rumah.

Anda dapat memadupadankan warna karpet dan cat dinding ruangan tersebut.

Namun, sebelum memilih karpet untuk pemanis ruangan, ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan.

Dilansir dari Decortips, Sabtu (7/11/2020), Anda harus mempertimbangan seberapa lama karpet tersebut digunakan, dan di mana karpet tersebut diletakkan, karena hal ini berpengaruh dengan pemilihan bahan karpet.

1. Bahan Karpet

Setelah mempertimbangkan dimana karpet tersebut akan diletakkan, selanjutnya adalah pemilihan bahan. Bahan karpet beragam, mulai dari wol, sintesis, hingga sutra.

Jika kebutuhan karpet untuk di kamar, disarankan memilih bahan wol agar lebih lembut. Jika diperuntukkan bagi ruang keluarga sebaiknya Anda memilih bahan sintesis yang mudah dibersihkan.

2. Motif

Pilihlah motif yang sesuai dengan tema ruangan Anda. Bila ruangan berwarna cerah, pilihlah motif karpet yang tidak terlalu ramai atau bisa memilih karpet polos.

Yang perlu diingat adalah jangan memilih karpet warna terang atau putih untuk ruang tamu karena ruang tamu memiliki banyak aktifitas yang memungkinkan karpet cepat kotor.

3. Ukuran
Ukuran juga penting dalam pemilihan karpet, karena jika salah memilih ukuran karpet (kebesaran atau terlalu kecil) akan menyebabkan ruangan terlihat lebih sempit atau karpet tidak terlalu terlihat.

4. Fungsi Karpet

Apakah karpet untuk menjadi sarana bersantai atau hanya untuk dekorasi? Jika untuk bersantai pilihlah karpet berjenis wol, dan jika hanya untuk dekorasi, pilih karpet yang lebih tipis.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/07/110200176/tips-memilih-karpet-untuk-mempercantik-rumah

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke