Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Jangan Terkecoh, Guppy Bukan Ikan Cupang

JAKARTA, KOMPAS.com - Di saat ketika minat memelihara ikan hias cukup tinggi seperti saat ini, khususnya ikan cupang, tak sedikit orang salah mengira tentang ikan guppy.

Ikan guppy menjadi ikan hias yang kerap dianggap orang awam sebagai ikan cupang.

Tak dipungkiri kalau ikan guppy dan cupang itu mirip, tetapi keduanya itu berbeda. Serupa tapi tak sama.

Untuk menghindari kekeliruan menentukan ikan guppy dan cupang, berikut 5 perbedaan yang dimiliki keduanya.

Sirip dan ekor

Ikan cupang memiliki sirip dan ekor yang lebar yang berwarna indah. Keindahan sirip dan ekornya inilah yang meningkatkan harga jualnya.

Dilansir dari Tropical Fish Hobbyist Magazine, Jumat (6/11/2020), bentuk sirip ikan guppy beragam, ada yang lebar, berbentuk seperti kipas, lancip, dan berbentuk seperti pedang. 

Warna

Meskipun warna ikan guppy cantik, tetapi warnanya berbeda dengan cupang. Warna pada tubuh ikan guppy tidaklah mencolok seperti ikan cupang.

Ukuran

Pada umumnya ikan cupang memiliki ukuran sekitar 3-7 cm. Akan tetapi, ada juga ikan cupang jumbo yang mampu mencapai ukuran hingga 12 cm.

Dibandingkan dengan cupang, ikan guppy memiliki ukuran yang relatif lebih kecil. Guppy jantan diketahui berukuran sekitar 2-3 cm. Sementara guppy betina berukuran 4-6 cm.


Perilaku

Salah satu sifat khas dari ikan cupang adalah berkelahi dengan satu dan yang lain untuk mempertahankan wilayah. Sifat agresif inilah yang menjadi daya tarik bagi pecinta ikan hias.

Kebalikan dengan cupang, ikan guppy merupakan ikan yang tenang dan cinta damai. Ikan guppy lebih senang berkelompok dan terus-menerus menerus untuk berenang, sehingga membuat mereka tampak aktif di akuarium.

Sistem perkembangbiakan

Reproduksi ikan cupang dikenal dengan istilah pemijahan, alias proses pengeluaran sel telur oleh induk betina dan sperma oleh induk jantan yang kemudian diikuti dengan perkawinan.

Sebelum memijah, induk jantan dan betina akan melakukan ritual saling kejar. Setelah berhasil didekati, cupang jantan akan memperlihatkan sirip-siripnya ke betina dan segera melipat dirinya ke tubuh betina.

Pada saat itulah hampir secara bersamaan betina melepas telur dan jantan mengeluarkan sperma. Telur-telur yang sudah dibuahi akan disambar dan diamankan oleh jantan.

Sementara ikan guppy justru malah mengandung dan melahirkan anaknya. Setelah ikan betina dibuahi, daerah berwarna gelap di sekitar anus yang dikenal dengan bercak kehamilan akan meluas dan bertambah gelap warnanya.

https://www.kompas.com/homey/read/2020/11/06/171100276/jangan-terkecoh-guppy-bukan-ikan-cupang

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke