Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Brasil Paksa Platform X Blokir Akun Tertentu, Elon Musk Beri Sikap Tegas

Kompas.com - 07/04/2024, 12:35 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

LOS ANGELES, KOMPAS.com - X Corp, yang sebelumnya bernama Twitter, dipaksa keputusan pengadilan untuk memblokir akun populer tertentu di Brasil dan dilarang memberikan rincian perintah tersebut.

Hal ini disampaikan perusahaan pada Sabtu (7/4/2024).

Pemilik X, Elon Musk, mengatakan dalam sebuah postingan di platformnya, bahwa perintah ini dapat mengakibatkan hilangnya pendapatan total dan penutupan kantor di Brasil.

Baca juga: Apple, Disney, dan IBM Tarik Iklan dari X karena Materi Antisemit

Dilansir dari Reuters, dia berjanji akan menantangnya secara hukum jika memungkinkan.

Perusahaan media sosial tersebut mengatakan bahwa mereka tidak mengetahui mengapa perintah pemblokiran dikeluarkan dan dilarang memberikan rincian akun yang terkena dampak.

Mereka diancam dengan denda harian jika gagal mematuhinya.

“Hakim ini telah menerapkan denda besar-besaran, mengancam akan menangkap karyawan kami dan memutus akses ke X di Brasil,” kata Musk ketika merujuk pada postingan pengguna.

Hal ini membuka narasi tindakan keras terhadap kebebasan berpendapat yang dilakukan oleh Hakim Agung Alexandre de Moraes.

Tahun lalu, Moraes juga memerintahkan penyelidikan terhadap para eksekutif di platform pesan sosial Telegram dan Alphabet's, yang bertanggung jawab atas kampanye yang mengkritik usulan RUU regulasi internet.

Baca juga: Elon Musk Dituduh Pecat Karyawan Secara Ilegal Akibat Postingan di X

RUU ini memberikan tanggung jawab kepada perusahaan internet, mesin pencari, dan layanan pesan sosial untuk menemukan dan melaporkan materi ilegal, alih-alih menyerahkannya ke pengadilan, dan mengenakan denda yang besar jika tidak melakukan hal tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com