Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ribuan Warga di Israel Tuntut Diakhirinya Perang Gaza: Orang Yahudi dan Arab Tolak Bermusuhan

Kompas.com - 31/03/2024, 21:07 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

DEIR HANNA, KOMPAS.com - Ribuan warga Palestina di Israel berunjuk rasa untuk menuntut diakhirinya perang Gaza saat mereka memperingati Hari Tanah pada Jumat (30/3/2024).

Hari Tanah di sini merupakan peringatan tahunan atas penumpasan mematikan terhadap protes terhadap perampasan tanah oleh Israel pada 1976,

Para pengunjuk rasa yang dipimpin oleh anggota parlemen Israel keturunan Arab itu berbaris melalui kota Deir Hanna sambil mengibarkan bendera Palestina dan membawa spanduk bertuliskan "Hentikan Perampasan Tanah": "Hentikan perang di Gaza". 

Baca juga: 9.000 Pasien di Jalur Gaza Perlu Evakuasi untuk Perawatan Darurat

Sebagaimana dilansir Kantor berita AFP, sebagian besar demonstran adalah warga Arab Israel.

Mereka merupakan warga Palestina yang menghindari pengungsian selama perang tahun 1948 yang berujung pada berdirinya negara Israel dan yang, dengan keturunan mereka, kini berjumlah sekitar 21 persen dari populasi negara tersebut. 

Sebuah kontingen kecil warga Yahudi Israel bergabung dalam unjuk rasa tersebut.

Beberapa di antara mereka membawa spanduk bertuliskan: "Orang Yahudi dan Arab menolak untuk bermusuhan".

Hari Tanah memperingati protes dan aksi mogok pada 30 Maret 1976 yang menentang keputusan pemerintah Israel untuk merampas sebagian besar tanah di wilayah Galilea utara. 

Polisi Israel menembaki para demonstran, menewaskan enam orang, dan rencana pemerintah kemudian dibatalkan. 

"Pada hari ini 48 tahun yang lalu, rakyat kami menggagalkan proyek untuk menyita tanah kami dengan protes mereka... dan mereka mewujudkan tonggak penting dan menonjol dalam sejarah," kata Kepala Dewan Kota Deir Hanna, Saeed Hussein, dalam sebuah pidato di alun-alun kota. 

"48 tahun telah berlalu, namun mesin kematian dan pengusiran terus berlanjut... upaya untuk menghapus identitas nasional kita dan merampas tanah kita terus berlanjut," tambahnya, dikutip dari AFP.

Baca juga: Dokter yang Kunjungi RS Gaza Tercengang, Kondisi Anak-anak Palestina Begitu Miris

Warga Arab Israel mengalami tingkat pengangguran, kemiskinan, dan kejahatan yang lebih tinggi daripada warga Yahudi Israel.

Pemimpin masyarakat dan mantan anggota parlemen Mohammed Barakeh mengatakan bahwa warga Arab Israel masih menghadapi pengusiran dan penindasan. 

"Badan yang terbakar di Gaza adalah milik kami dan para perempuan yang terbunuh di Gaza adalah saudara perempuan kami," ujarnya.

Barakeh mengecam apa yang ia gambarkan sebagai "genosida" di wilayah Palestina.

Halaman:

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com