Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekjen PBB: Hentikan Pertempuran di Gaza, Hormati Ramadhan!

Kompas.com - 11/03/2024, 21:27 WIB
Irawan Sapto Adhi

Penulis

Sumber AFP

JENEWA, KOMPAS.com - Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres menyerukan gencatan senjata di Gaza segera untuk menghormati bulan suci Ramadhan yang telah dimulai pada hari ini, Senin (11/5/2024).

Guterres mengatakan kepada para wartawan, bahwa Ramadhan adalah momen untuk merayakan perdamaian, rekonsiliasi, dan solidaritas.

"Namun, yang terjadi, meski Ramadhan telah dimulai, pembunuhan, pengeboman, dan pertumpahan darah masih terus berlanjut di Gaza," kata dia, dikutip dari AFP.

Baca juga: Pesan Ramadhan Raja Salman: Kejahatan Keji di Gaza Harus Diakhiri

Israel waspadai Ramadhan

Sementara itu, Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant pada Senin mengatakan, pihak berwenang akan menghormati kebebasan beribadah selama Ramadhan.

Tetapi, dia memperingatkan, Israel siap menghadapi siapa pun yang mungkin mencoba menganggu. 

"Negara Israel menghormati kebebasan beribadah di Al-Aqsa dan semua tempat suci," kata Yoav Gallant dalam sebuah pesan video, mengacu pada situs tersuci ketiga dalam Islam, yang terletak di Yerusalem timur yang dicaplok Israel.

"Bulan Ramadhan mungkin adalah bulan jihad, dan kami mengatakan kepada semua orang untuk tidak menantang kami. Kami siap, jangan membuat kesalahan," katanya dalam video yang diposting di saluran Telegram-nya. 

Komentarnya muncul di tengah kekhawatiran akan ketegangan selama bulan Ramadhan di kompleks masjid Al-Aqsa, yang menjadi titik rawan kekerasan selama bulan puasa di tahun-tahun sebelumnya. 

Kompleks ini juga merupakan situs paling suci bagi umat Yahudi, yang dikenal sebagai Temple Mount. 

Baca juga: Sepinya Jalan-jalan Menuju Masjid Al-Aqsa Jelang Ramadhan di Tengah Perang Gaza...

Selama bulan Ramadhan, puluhan bahkan ratusan ribu umat Muslim beribadah di kompleks tersebut.

Pada Jumat (8/3/2024) lalu, Juru bicara sayap bersenjata kelompok militan Hamas menyerukan kepada "rakyat" untuk memobilisasi dan menuju ke Masjid Al-Aqsa. 

Sementara itu, para mediator berharap untuk mendapatkan gencatan senjata baru sebelum Ramadhan dimulai, namun sejauh ini belum ada terobosan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com