Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Temuan Buaya Besar Tanpa Kepala Gegerkan Warga Australia

Kompas.com - 23/04/2023, 16:32 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

FAR NORTH QUEENSLAND, KOMPAS.com - Warga di Far North Queensland (NFQ), Australia, digegerkan dengan penemuan buaya mati tanpa kepala di pantai setempat.

Buaya besar sepanjang empat meter ini ditemukan tak bernyawa pekan lalu di Pantai Cow Bay yang terpencil, sekitar 30 kilometer sebelah utara Port Douglas di Hutan Hujan Daintree.

Dinas Taman dan Margasatwa Queensland mengatakan, staf belum mengetahui penyebab kematian buaya tersebut.

Baca juga: Buaya Lepas di Jalanan Texas Bikin Panik, Ternyata Hanya Mainan Plastik...

"Buaya ini, yang kehilangan kepalanya, sudah sangat membusuk untuk dilakukan nekropsi dan dikubur di Country," katanya, dikutip dari News.com.au pada Senin (17/4/2023).

Fotografer dan konservasionis buaya Tom Chalmers Hayes bergegas ke lokasi setelah mendengar berita kematian hewan mati.

Menurutnya, buaya yang dipermasalahkan beberapa orang di daerah itu tampaknya ditembak dan kepalanya dipenggal untuk semacam balas dendam.

Dia merasa ada kejanggalan di waktu kejadian mengingat serentetan serangan buaya di FNQ dalam beberapa bulan terakhir.

"Saya tahu ada beberapa orang tidak menyukai buaya di daerah ini untuk beberapa waktu, tapi saya tidak bisa membayangkan mengapa ada orang yang berani membunuhnya--itu sangat keji," katanya.

Baca juga:

David White selaku operator Solar Whisper River Tours di daerah tersebut mengemukakan, hampir pasti kematian buaya bukan disebabkan oleh predator alami lainnya.

“Kepalanya terpasang dengan sangat baik, kepala mereka (buaya) digunakan sebagai senjata ketika bertarung, sangat kuat. Tidak ada kerusakan, tidak ada bekas gigitan di bagian tubuh lainnya,” ujar White.

Adapun Chalmers Hayes menyampaikan kepada news.com.au, kalaupun buaya itu mati karena sebab alami, dia yakin reptil tersebut dimutilasi setelah mati.

Temuan buaya tanpa kepala ini muncul setelah laporan tiga serangan serius tetapi tidak fatal di daerah tersebut dalam beberapa bulan terakhir.

Baca juga: Viral Video Pria Pakai Kostum Buaya dan Goda Buaya Asli, Netizen: Cara Mati yang Kreatif

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com