Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Drama Korea dan Film India Punya Banyak Kesamaan, Ini Penjelasannya

Kompas.com - 11/03/2023, 22:31 WIB
BBC News Indonesia,
Danur Lambang Pristiandaru

Tim Redaksi

NEW DELHI, KOMPAS.com - Sebuah kecelakaan membuat seorang perempuan muda terdampar di negara yang tidak bersahabat, di mana dia kemudian diselamatkan oleh seorang perwira militer yang tampan.

Mereka lalu jatuh cinta, namun harus melewati beberapa rintangan - termasuk garis perbatasan yang memisahkan negara mereka - sebelum mereka dapat hidup bersama.

Jika Anda menceritakan kisah ini kepada orang India beberapa tahun yang lalu, di pikiran pertama mereka mungkin adalah film Bollywood tahun 2004 berjudul Veer-Zaara, yang dibintangi oleh Shah Rukh Khan dan Preity Zinta, sepasang kekasih berasal dari negara yang saling bersitegang, India dan Pakistan.

Baca juga: Karena Pandemi, Aktris Bollywood Jadi Perawat, Terinfeksi Covid-19 lalu Kena Stroke

Hingga akhirnya drama Korea tahun 2019 berjudul Crash Landing On You (CLOY) diluncurkan dengan premis serupa - berpusat di sekitar tetangga Korea Selatan dan Utara - tetapi dengan hasil yang sangat berbeda.

"Dunia menyukai CLOY karena kisah tersebut membuat kesedihan yang dirasakan oleh kedua negara begitu gamblang dan dapat diakses. Tapi saya merasa orang Asia Selatan di seluruh dunia merasakannya secara berbeda," kata Paroma Chakravarty, salah satu pembawa acara podcast K-drama berjudul Drama Over Flowers.

Podcast-nya - yang pertama dari sekian banyak - merupakan indikasi betapa populernya K-drama di India sekarang.

Kecintaan akan K-drama di India dimulai di wilayah Manipur di timur laut setelah pemberontak separatis melarang film Bollywood pada tahun 2000, dan perlahan menyebar ke seluruh negeri.

Ini semakin meningkat pada 2020, ketika pandemi memaksa orang-orang berada di dalam rumah. Penonton K-drama di Netflix India melonjak lebih dari 370 persen pada tahun itu dibanding sebelumnya.

Baca juga: Pejabat Serbia Ketahuan Nonton Film Porno Saat Debat Sengit di Parlemen

Sangat menggoda untuk menggambarkan perbandingan antara cinta yang berkembang dalam K-drama - yang tampaknya menjadi lebih inventif dan realistis dalam alur ceritanya - dengan tren penonton yang berubah di Bollywood, industri film Hindi yang masif di India yang masih berjuang untuk kembali ke era tertinggi usai pandemi Covid-19.

Memang, sulit untuk membandingkan keduanya, kata Supriya Nair, editor publikasi mingguan Fifty Two dan penggemar K-drama.

"Bioskop Hindi populer, seperti bioskop populer Korea, dibuat terutama untuk penonton pria; TV Korea populer, seperti TV Hindi populer, dibuat untuk perempuan," katanya.

Tetapi ada beberapa kesamaan antara kedua industri hiburan tersebut, keduanya terkenal karena romansa yang melodramatis dan berlebihan.

Seperti Bollywood, K-drama menciptakan dunianya sendiri yang imersif. Hukum alam semesta tidak selalu berlaku di sini, dan plot cerita dapat memantul antara sangat realistis dan terlalu berlebihan. Keduanya adalah industri besar dengan jutaan penonton dan fandom yang kuat.

Baca juga: Skandal Korupsi di Uni Eropa: Besar dan Mirip Cerita Film

Film Bollywood Veer Zaara menceritakan kisah dua kekasih dari India dan Pakistan.YASH RAJ FILMS via BBC INDONESIA Film Bollywood Veer Zaara menceritakan kisah dua kekasih dari India dan Pakistan.

"Seperti bentuk hiburan massal lainnya dari seluruh dunia, (Bollywood) nyaman dengan campuran genre dan nada tinggi-rendah: kita dapat mengambil dagelan, aksi, romansa, realisme magis, dan interior puitis dalam narasi yang sama," kata Nair .

Dan pertunjukan Korea menawarkan ketangkasan bercerita yang sama - akhir bahagia dalam cerita dongeng yang hampir selalu dijamin ada, tetapi butuh beberapa putaran untuk sampai ke sana.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com