Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ini Alasan PM Inggris Rishi Sunak Tambah Hari Libur untuk Penobatan Raja Charles III

Kompas.com - 06/11/2022, 13:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

LONDON, KOMPAS.com - Perdana Menteri Inggris Rishi Sunak mengatakan penobatan Raja Charles III akan dirayakan dengan hari libur tambahan di seluruh negeri pada Senin 8 Mei 2023, tak lama setelah penobatan itu sendiri pada 6 Mei.

Dilansir dari Reuters, Charles, 73 tahun, secara otomatis menjadi raja setelah kematian ibunya Ratu Elizabeth pada bulan September, tetapi upacara penobatan akbar untuknya dan istrinya Camilla akan berlangsung tahun depan.

Penobatan mendiang Ratu pada tahun 1953 disertai dengan hari libur tambahan dan pemberian gelar raja pada Charles 2023 mendatang akan mengikuti tradisi itu, kata kantor Perdana Menteri.

Baca juga: PM Inggris Rishi Sunak Menghadap Raja Charles III, Janji Perbaiki Kesalahan Pendahulu

Hal ini bisa memberikan waktu bagi keluarga dan masyarakat untuk menikmati acara bersejarah tersebut.

"Penobatan raja baru merupakan momen unik bagi negara kita," kata Sunak dalam keterangannya, Minggu (6/11/2022).

"Sebagai pengakuan atas peristiwa bersejarah ini, saya dengan senang hati mengumumkan hari libur bank tambahan untuk seluruh Inggris tahun depan," tambahnya.

Upacara akan berlangsung di Westminster Abbey London dan akan mengikuti arak-arakan tradisional yang digunakan untuk meresmikan raja selama 1.000 tahun terakhir.

Baca juga: Mengenal Sosok Camilla: Permaisuri Inggris, Cinta Lama Raja Charles III

Raja dan ratu Inggris, dan kemudian Inggris dan Inggris Raya, telah dinobatkan di Westminster Abbey sejak William Sang Penakluk pada tahun 1066.

Charles adalah raja ke-41 dalam garis yang menelusuri asal-usulnya kembali ke William, dan dia akan menjadi raja tertua untuk dinobatkan.

Charles adalah raja dan kepala negara tidak hanya dari Britania Raya tetapi dari 14 kerajaan lain termasuk Australia, Kanada, Jamaika, Selandia Baru dan Papua Nugini.

Baca juga: Raja Charles III Lawan Tradisi, Tolak Tinggal di Istana Buckingham

Tahun ini, Inggris memiliki dua hari libur bank tambahan, satu untuk merayakan Jubilee Platinum Ratu Elizabeth pada bulan Juni, dan yang kedua pada hari pemakamannya pada bulan September.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com