Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Akhirnya Mengaku Kirim Drone ke Rusia, Tapi...

Kompas.com - 06/11/2022, 12:00 WIB
Tito Hilmawan Reditya

Penulis

Sumber Reuters

TEHERAN, KOMPAS.com - Iran mengakui untuk pertama kalinya pada Sabtu (5/11/2022) bahwa pihaknya telah memasok Rusia dengan drone, yang dikirim sebelum perang di Ukraina.

Dilansir dari Reuters, Iran menyebut Rusia telah menggunakannya untuk pembangkit listrik dan infrastruktur sipil.

Menteri Luar Negeri Iran Hossein Amirabdollahian mengatakan sejumlah kecil drone telah dikirim beberapa bulan sebelum invasi Rusia pada 24 Februari.

Baca juga: Ukraina Terkini: Iran Akhirnya Mengaku Pasok Drone ke Rusia

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky menuduh Teheran berbohong, mengatakan pasukan Kyiv menembak jatuh sedikitnya 10 kendaraan udara tak berawak setiap hari.

Dalam tanggapan paling rinci Iran hingga saat ini, Amirabdollahian membantah Teheran terus memasok drone ke Moskwa.

"Keributan ini dibuat oleh beberapa negara Barat bahwa Iran telah menyediakan rudal dan pesawat tak berawak ke Rusia untuk membantu perang di Ukraina, tapi ada bagian yang salah," kata kantor berita resmi IRNA.

"Bagian drone itu benar dan kami menyediakan Rusia sejumlah kecil drone beberapa bulan sebelum perang Ukraina," katanya.

Baca juga: Rusia dan Iran Rekrut Mantan Pasukan Khusus Afghanistan yang Dilatih AS

Dalam beberapa pekan terakhir Ukraina telah melaporkan lonjakan serangan pesawat tak berawak terhadap infrastruktur sipil, terutama menargetkan pembangkit listrik dan bendungan, menggunakan pesawat tak berawak Shahed-136 buatan Iran.

Rusia membantah pasukannya menggunakan drone Iran untuk menyerang Ukraina.

Dalam sebuah pidato video, Zelensky menolak pembicaraan tentang pasokan Iran yang terbatas ke Rusia, dengan mengatakan Ukraina telah menjatuhkan 11 drone pada hari Jumat (4/11/2022) saja.

"Jika Iran terus berbohong tentang hal yang sudah jelas, itu berarti dunia akan melakukan lebih banyak upaya untuk menyelidiki kerja sama teroris antara rezim Rusia dan Iran dan apa yang Rusia bayarkan kepada Iran untuk kerja sama semacam itu," katanya.

Baca juga: Iran Tangkap Jurnalis yang Wawancarai Ayah Mahsa Amini

Secara terpisah, Utusan Khusus AS untuk Iran Robert Malley mentweet bahwa tidak benar bahwa Iran telah mengirim beberapa drone.

"Mereka mentransfer lusinan hanya musim panas ini dan menempatkan personel militer di Ukraina yang diduduki untuk membantu Rusia menggunakannya," katanya.

Zelensky, yang telah berulang kali menekan sekutu untuk memberikan lebih banyak pertahanan terhadap pesawat dan rudal, mengatakan dia mengharapkan kabar baik dalam beberapa minggu mendatang tetapi tidak memberikan rincian.

Baca juga: Iran Ancam Arab Saudi, AS Tak Ragu Turun Tangan

Kyiv, tambahnya, minggu depan akan meluncurkan kampanye penggalangan dana untuk membeli drone laut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com