Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ukraina Hari Ini: 3 Ledakan di Kyiv dalam 3 Menit, Sirene Serangan Udara Berbunyi

Kompas.com - 17/10/2022, 16:31 WIB
Aditya Jaya Iswara

Penulis

Sumber AFP

KYIV, KOMPAS.com - Situasi Ukraina hari ini, beberapa ledakan terdengar di Kyiv pada Senin (17/10/2022) pagi, tepat seminggu setelah serangan rudal Rusia di ibu kota tersebut, kata wartawan AFP.

Sebanyak tiga ledakan terjadi antara pukul 6.35-6.58 waktu setempat. Sirene serangan udara terdengar sesaat sebelum ledakan pertama.

Wali Kota Kyiv Vitali Klitschko mengatakan, salah satu ledakan terjadi di distrik Shevchenkivsky di pusat ibu kota.

Baca juga: Ukraina Terkini: Kyiv Diserang Drone Kamikaze, 3 Ledakan Terdengar

"Semua tentara sedang dalam perjalanan ke tempat itu. Rinciannya nanti. Peringatan udara berlanjut. Tetap di tempat penampungan!" kata Klitschko di media sosial, dikutip dari kantor berita AFP.

Pada 10 Oktober 2022, rudal Rusia menghujani Kyiv dan kota-kota lain di seluruh Ukraina dalam gelombang serangan terbesar beberapa bulan terakhir.

Serangan itu menewaskan sedikitnya 19 orang, melukai 105 korban, dan memicu kecaman internasional.

Baca juga:

Moskwa melakukan serangan lebih lanjut pada 11 Oktober 2022 meskipun dalam skala yang lebih kecil, dengan menyerang instalasi energi di Ukraina barat yang jauh dari garis depan.

Presiden Rusia Vladimir Putin berujar, serangan itu sebagai pembalasan atas ledakan yang merusak jembatan utama penghubung Rusia ke semenanjung Crimea yang dicaplok Moskwa.

Putin pada Jumat (14/10/2022) menyatakan kepuasannya dan merasa tidak perlu melakukan serangan besar-besaran lebih lanjut di Ukraina saat itu.

Baca juga: Berapa Besar Peluang Putin Pakai Senjata Nuklir Rusia di Ukraina?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Komentar
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com