Kompas.com - 06/10/2022, 16:30 WIB

KOMPAS.com - Gugatan yang diajukan di San Francisco pada Selasa (4/10/2022) menuduh perusahaan game online Roblox Corp memungkinkan eksploitasi seksual dan finansial seorang gadis California oleh pria dewasa.

Dilansir Reuters, gugatan yang diajukan di Pengadilan Tinggi San Francisco, juga menargetkan perusahaan obrolan online Discord Inc, induk Snapchat Snap Inc, dan induk Instagram Meta Platforms Inc.

Snap dan Meta sudah menghadapi puluhan tuntutan hukum serupa.

Baca juga: Skandal Kecurangan Turnamen Catur Dunia: Hans Niemann Diduga Curang di Lebih dari 100 Game Online

Meta menolak berkomentar. Roblox dan Snap tidak dapat segera dihubungi.

Seorang juru bicara Discord mengatakan perusahaan memiliki "kebijakan tanpa toleransi bagi siapa pun yang membahayakan atau melecehkan anak-anak" tetapi menolak berkomentar langsung tentang gugatan tersebut.

Menurut gugatan yang dilihat Reuters, gadis itu, SU, lahir pada tahun 2009 dan mulai menggunakan Roblox ketika dia berusia sembilan atau sepuluh tahun.

Roblox populer dengan anak-anak di bawah 13 tahun tetapi juga memiliki pengguna dewasa.

Baca juga: Pejabat China Dipecat karena Kecanduan Video Game dan Lalai Bertugas

Mulai awal tahun 2020, SU melakukan kontak dengan pria dewasa melalui Roblox, yang mendorongnya untuk mendaftar ke Discord, Snapchat, dan Instagram untuk berkomunikasi dengan mereka, menurut gugatan itu.

Tidak ada perusahaan yang memerlukan persetujuan orang tua, dan Discord tidak memverifikasi usia SU meskipun dikatakan tidak mengizinkan pengguna di bawah 13 tahun, kata gugatan itu.

Para pria mengeksploitasinya dengan mendorongnya untuk minum dan menyalahgunakan obat resep dan mengirim foto dirinya yang eksplisit secara seksual.

Halaman:
Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.