Kompas.com - 06/10/2022, 14:07 WIB

KHERSON, KOMPAS.com - Pasukan Ukraina merebut kembali permukiman-permukiman di Kherson, salah satu wilayah yang dicaplok Rusia.

Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky pada video larut malam pada Rabu (5/10/2022) mengatakan, permukiman Novovoskresenske, Novohryhorivka, dan Petropavlivka di timur laut kota Kherson telah dibebaskan.

Presiden Rusia Vladimir Putin pada hari yang sama menandatangani undang-undang untuk memasukkan empat wilayah Ukraina ke dalam Rusia.

Baca juga: Putin Resmi Caplok 15 Persen Wilayah Ukraina, 22 Persen Ditambah Crimea

Ukraina menyatakan tidak akan pernah menerima aneksasi tersebut, sedangkan Kyiv dan Barat menyebut bahwa referendum itu adalah pemungutan suara curang yang diadakan di bawah todongan senjata.

UU baru Rusia akan memasukkan sekitar 18 persen wilayah Ukraina ke Rusia, setara dengan wilayah Portugal, dalam pencaplokan terbesar di Eropa sejak Perang Dunia II.

Putin berujar, dia ingin memastikan keamanan Rusia dan melindungi penutur bahasa Rusia di Ukraina, tetapi Kyiv menuduh Moskwa melakukan perampasan wilayah.

Pencaplokan Rusia atas wilayah-wilayah tersebut meningkatkan kemungkinan eskalasi perang. Putin dan pejabat lainnya berkata, mereka dapat menggunakan senjata nuklir untuk melindungi wilayah Rusia termasuk provinsi-provinsi yang dicaplok.

Ukraina mengaku tidak akan terpengaruh oleh ancaman nuklir. Zelensky mengatakan dalam pidatonya, dia dan para pejabat militer seniornya bertemu untuk membahas pengambilan semua lahan yang diduduki oleh Rusia.

Baca juga:

Beralih ke orang Rusia, Zelensky berbicara kepada pasukan pro-Moskwa untuk memberitahu bahwa mereka sudah kalah.

"Warga Ukraina tahu apa yang mereka perjuangkan. Dan semakin banyak warga Rusia yang menyadari bahwa mereka harus mati hanya karena satu orang tidak ingin mengakhiri perang," katanya merujuk pada Putin, dikutip dari Reuters.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Sumber Reuters

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.